Diskopdagperin Kuningan Gelar Operasi Pasar Beras Murah di 10 Kecamatan

Diskopdagperin Kuningan Gelar Operasi Pasar Beras Murah di 10 Kecamatan

BERAS MURAH: Sebanyak 100 ton beras akan didistribusikan ke 10 kecamatan melalui Operasi Pasar Murah Beras di Kabupaten Kuningan.-ist -

KUNINGAN RADARKUNINGAN.COM - Pemerintah Kabupaten Kuningan, melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin), bekerja sama dengan Perum Bulog Sub Drive Cabang Cirebon, telah memulai pelaksanaan Operasi Pasar Beras Murah di 10 kecamatan. 

Operasi pasar beras murah ini dimulai di Kecamatan Cigugur pada Selasa, 17 Oktober 2023, dan bertujuan untuk membantu masyarakat berpendapatan rendah yang terdampak oleh kenaikan harga beras. 

Sebanyak 100 ton beras akan didistribusikan ke 10 kecamatan, yaitu Kecamatan Cigugur, Kecamatan Darma, Kecamatan Cibingbin, Kecamatan Nusaherang, Kecamatan Cidahu, Kecamatan Kalimanggis, Kecamatan Kuningan, Kecamatan Pancalang, Kecamatan Ciniru, dan Kecamatan Kadugede.

BACA JUGA:Akibat Terkendala Stok Gabah, Harga Beras Makin Mahal di Pasar Kepuh Kuningan, Tembus 14 Ribu

Kepala Diskopdagperin Kuningan Trisman Supriatna, menjelaskan bahwa operasi pasar beras murah di kecamatan tersebut bertujuan memberikan bantuan kepada warga berpendapatan rendah. Respons masyarakat terhadap operasi pasar murah yang diadakan di Kecamatan Cigugur sangat positif.

“Kami akan gelar operasi pasar murah di sepuluh kecamatan, untuk membantu warga yang berpendapatan rendah. Alhamdulilah operasi pasar murah yang dilaksanakan di Kecamatan Cigugur, mendapat respons positif dari masyarakat,” kata Trisman Supriatna.

Harga beras yang mengalami kenaikan disebabkan oleh faktor cuaca yang tidak bersahabat dan dampak dari fenomena El Nino yang menyebabkan sistem irigasi mengering dan gagal panen di sebagian besar wilayah. Pemerintah Kabupaten Kuningan bersama dengan Bulog Cabang Cirebon hadir untuk mengatasi masalah ini dan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok.

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Pemerintah Kabupaten Brebes Kerja Sama Pengelolaan Air Bendungan Kuningan

Trisman menambahkan bahwa berdasarkan hasil koordinasi dengan Bulog Cirebon, 100 ton beras medium disediakan untuk operasi pasar beras murah kali ini. Setiap kecamatan mendapatkan jatah 10 ton beras. Beras yang dijual dikemas dalam kemasan 5 kilogram dengan harga Rp52.000. Masyarakat dapat membeli beras medium dengan harga per kilogramnya Rp10.400 di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras medium yang sebesar Rp10.900/kg.

Dengan adanya operasi pasar ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh beras dengan harga yang lebih terjangkau, serta membantu menekan harga beras di pasaran. Jadwal pelaksanaan operasi pasar beras di 10 kecamatan telah ditetapkan, dimulai dari Kecamatan Cigugur pada 17 Oktober 2023, dan berlanjut hingga Kecamatan Kadugede pada 7 November 2023. Diharapkan upaya ini dapat membantu masyarakat memperoleh beras dengan harga yang lebih terjangkau, serta dapat membantu menekan harga beras di pasaran.

Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam melaksanakan operasi pasar murah. Beliau berharap program pasar tersebut tepat sasaran dan dapat memberikan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat.

BACA JUGA:Aksi Protes Berujung Bentrok dalam Pengamanan Kantor KPU dan Kantor Bawaslu Kuningan

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi ikut serta melaksanakan operasi pasar murah. Sehingga kesempatan yang baik ini, masyarakat bisa dilayani dengan jarak dekat dan harga yang murah,” katanya.

Melalui operasi pasar murah ini, diharapkan beban hidup masyarakat dapat terbantu dan kasadaran terhadap pentingnya kerjasama dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan menjadi semakin besar. Dukungan dan kerjasama semua pihak sangat penting dalam menghadapi kenaikan harga beras dan menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: