Sejarah Situ Wulukut Kuningan, Wisata Danau Buatan Ditengah Hutan Pinus

Sejarah Situ Wulukut Kuningan, Wisata Danau Buatan Ditengah Hutan Pinus

Sejarah Situ Wulukut Kuningan yang merupakan destinasi wisata andalan di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang.-Waller Channel/Ist-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Danau buatan yang berlokasi di Desa Kertayuga, Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dikenal dengan sebutan Situ Wulukut, awalnya memang tidak populer sebagai tempat wisata.

Namun, seiring era media sosial dan banyaknya foto keindahan Situ Wulukut membuatnya menjadi sorotan.

Sehingga banyak yang penasaran dan akhirnya datang ke lokasi tersebut untuk menikmati wisata Situ Wulukut.

Menilik sejarah dari Situ Wulukut sendiri, ternyata awalnya dibuat sebagai danau buatan. Namun, panorama hutan pinus di sekelilingnya justru memberikan dimensi pemandangan alam yang begitu cantik.

BACA JUGA:Tempat Wisata Ciwidey Terbaru 2023 yang Hits dan Instagramable, Cocok Buat Liburan Akhir Pekan

Situ Wulukut adalah sebuah danau tersembunyi yang memiliki luas sekitar 1,2 hektare dengan pemandangan yang asri.

Danau ini terletak di dalam Hutan Perhutani Kuningan, sehingga tidak heran jika tempat ini menawarkan keteduhan dan kesegaran yang luar biasa.

Sejak tahun 2005, Situ Wulukut Kuningan ini awalnya adalah sebuah danau yang digunakan untuk irigasi persawahan di sekitarnya dan juga sebagai sumber air bagi penduduk setempat.

Namun, berkat kecantikan alamnya, danau ini semakin populer dan semakin banyak dikunjungi orang-orang, sehingga Situ Wulukut akhirnya dijadikan sebagai tempat destinasi wisata umum untuk masyarakat.

BACA JUGA:Daftar Film Terbaru di Bioskop, Tayang di Bulan November 2023, Mulai Horor hingga Dokumenter

Menurut informasi yang tertera di situs resmi Perhutani, Situ Wulukut sebagai objek wisata diresmikan oleh Bupati Kuningan menjelang akhir tahun 2017.

Di tempat wisata ini, tidak hanya warga Kabupaten Kuningan yang datang, tetapi juga wisatawan dari luar daerah yang juga turut sering mengunjungi tempat ini.

Nuansa warna hijau dari alam mendominasi area wisata ini, sehingga mampu menciptakan suasana yang damai dan menenangkan, dan menjadikannya tempat yang ideal untuk relaksasi.

Dengan Harga tiket masuk yang sangat terjangkau menjadikan wisata di sini sangat cocok bagi semua orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: