Sekda Dian Berpeluang Ditunjuk Pj Bupati Kuningan, Pesaingnya, Iwan Kurniawan Dilantik Jadi Pj Bupati Lebak

Sekda Dian Berpeluang Ditunjuk Pj Bupati Kuningan, Pesaingnya, Iwan Kurniawan Dilantik Jadi Pj Bupati Lebak

Kantor Bupati Kuningan. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Peluang Sekda H Dian Rachmat Yanuar untuk menjadi Penjabat (Pj) Bupati Kuningan pasca berhentinya Bupati H Acep Purnama dan Wakil Bupati HM Ridho Suganda.

Ini setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menetapkan Iwan Kurniawan sebagi Pj Bupati Lebak. Iwan Kurniawan menjabat Direktur Perencanaan, Evaluasi, dan Informasi Pemerintah Daerah (PEIPD) pada Ditjen Bangda Kemendagri sebagai Pj Bupati Lebak, Provinsi Banten.

BACA JUGA:Selain Jalan Baru Ada Rencana Tol Cirebon Kuningan Sepanjang 28 Kilometer, Keluar Sudah di Tempat Ini

Pria asal Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kuningan itu rencananya hari Jumat 3 November 2023, akan dilantik sebagai Pj Bupati Lebak menggantikan Iti Octavia Jayabaya yang telah selesai masa jabatannya. 

Iwan sendiri beberapa waktu lalu ramai disebut-sebut berbagai kalangan di Kuningan akan menjadi Pj Bupati Kuningan.

Alasannya, Iwan merupakan putra daerah, PNS karir dan statusnya Eselon IIA. Namun Kemendagri memilihnya untuk memimpin Kabupaten Lebak hingga bupati terpilih hasil Pilkada dilantik.

Pemerhati pemerintahan, kebijakan dan hukum daerah, Abdul Haris menyayangkan Iwan menjadi Pj Bupati Lebak.

BACA JUGA:Mengunjungi Rumah Sederhana Keluarga Anies Baswedan di Kuningan, Dulu Tidak Ada Listrik

Seharusnya, Iwan Kurniawan ditempatkan di Kuningan karena tanah kelahirannya. Melihat hal itu, Haris menyebut nama Sekda H Dian Rachmat Yanuar berpeluang untuk menjabat Pj Bupati Kuningan. 

"Mungkin Kemendagri punya pertimbangan lain sehingga menetapkan Iwan sebagai Pj Bupati Lebak. Dan saya sudah memprediksi bahwa penjabat bupati di berbagai daerah akan dikirim dari Kemendagri. Peluang Pak Dian juga tetap terbuka kok," kata Abdul Haris, Jumat 3 November 2023.

Haris memperkirakan, Pj Bupati Kuningan yang akan ditunjuk Kemendagri masih berasal dari kementrian tersebut.

Ada nama Indra Purnama yang menjabat Kepala Biro Keuangan, Umum dan Hubungan Masyarakat pada Sekretariat Badan Nasional Pengelola Perbatasan Kemendagri.

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Wisata Sejarah dan Museum di Kuningan Jawa Barat, Serasa Kembali ke Masa Lalu

"Indra Purnama cukup potensial untuk ditunjuk sebagai Pj Bupati Kuningan karena piawai dalam tata kelola keuangan. Apalagi jabatannya yang sekarang sebagai Kepala Biro Keuangan, Umum dan Hubungan Masyarakat pada Sekretariat Badan Nasional Pengelola Perbatasan Kemendagri," sebut Haris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: