Bandara Kertajati Bisa Ramai Kalau Hal Ini Terjadi, Apa Saja?

Bandara Kertajati Bisa Ramai Kalau Hal Ini Terjadi, Apa Saja?

Bandara Kertajati bisa ramai penumpang dan pergerakan pesawat bila dioptimalkan.-Baehaqi-radarkuningan.com

MAJALENGKA, RADARKUNINGAN.COM - Bandara Kertajati diyakini bisa lebih ramai dari segi penumpang dan pergerakan pesawat.

Saat ini, kapasitas penumpang maupun pergerakan pesawat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati masih jauh di bawah kapasitas.

Pada hari pertama pengoperasian 29 Oktober 2023 yang lalu, terdapat sedikitnya 2.300-an penumpang di Bandara Kertajati.

Sementara pergerakan pesawat berkisar antara 12 sampai dengan 16 per hari baik untuk penerbangan kedatangan maupun keberangkatan.

BACA JUGA:Namanya Masuk Nominasi 3 Besar Calon Pj Bupati Usulan Ketua DPRD Kuningan, Begini Reaksi Deni Hamdani

Padahal, kapasitas Bandara Kertajati dengan apron dan parkir pesawat yang tersedia jauh di atas itu. Apalagi landas pacu memiliki panjang hingga 3.000 x 60 meter.

Sehingga untuk pergerakan pesawat diperkirakan bisa mencapai kapasitas hingga 250 per hari. 

Oleh karena itu, masih diperlukan strategi untuk membuat Bandara Kertajati menjadi lebih ramai penumpang dan pergerakan pesawat.

Direktur Utama PT BIJB, Muhammad Singgih mengungkapkan, bandara ini sangat menjanjikan secara investasi. Bahkan dilirik para investor India, Arab Saudi, Singapura.

BACA JUGA:Wisata Alam dengan Tiket Murah di Kota Kuda

"Mereka yakin karena Bandara Kertajati punya potensi baik. Lokasinya strategis dan layak dilirik sebagai tujuan investasi," ungkapnya.

Untuk saat ini, manajemen PT BIJB terus berbenah termasuk dari segi pelayanan. Pihaknya yakin, pada musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 - 2024 mendatang, keterisian penumpang pesawat bakal melonjak 3 hingga 4 kali lipat dari kondisi saat ini.

"Ke depan bagaimana bandara itu ramai. Kita tahu bahwa bandara itu adalah pintu gerbang. Jadi ramainya bandara itu, tergantung pada situasi bisnis, perjalanan wisata dan sebagainya," kata Muhammad Singgih.

Dijelaskan dia, berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan arus keberangkatan dan kedatangan penumpang di Bandara Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: