Keunikan Kawah Putih yang Tak Hanya Indah Tapi Serasa di Dunia Lain

Keunikan Kawah Putih yang Tak Hanya Indah Tapi Serasa di Dunia Lain

Keunikan Kawah Putih di Gunung Patuha Kabupaten Bandung.-Istimewa-radarkuningan.com

BANDUNG, RADARKUNINGAN.COM - Kawah Putih Ciwidey merupakan sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang berlokasi di Kelurahan Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kawah Putih merupakan bagian dari Gunung Patuha. Sebenarnya ada satu kawah lainnya yang disebut Kawah Saat karena tidak memiliki air atau danau dan relatif mengering.

Wisata Kawah Putih merupakan sebuah danau kawah dari Gunung Patuha yang terletak di daerah selatan Kota Bandung.

Tidak jauh dari objek wisata Situ Patenggang, yaitu berjarak sekitar 46 km dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan dari pusat kota atau 35 km dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang.

BACA JUGA:Sayur dan Buah yang Mengandung Kolagen, Baik Untuk Kesehatan Kulit

Kawah Putih Ciwidey ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan 12 ratusan tahun yang lalu. Letusan yang memiliki ketinggian 2.434 meter dari permukaan laut tersebut membentuk menjadi sebuah danau. 

Perairannya berwarna biru kristal berubah dengan kondisi cuaca, dan dilapisi dengan pasir putih halus, yang memberikan pengunjung seperti berada di dunia lain. Bahkan vegetasi disekitar area ini sangat berbeda dengan yang di bawah.  

Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan yaitu air di danau kawahnya bisa berubah warna, seperti hijau apel, kebiru-biruan bila cuaca terang terkena pantulan matahari, coklat susu, namun paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atasnya.

Kawasan ini sering digunakan sebagai obyek untuk foto pre wedding karena pemandangannya yang eksotis.

BACA JUGA:Gaya Euy! Kuningan Mau Punya Jalan Tol, Namanya Tol Kunci, Sudah Masuk Rencana Kementerian PUPR

Fasilitas yang tersedia di wisata kawah putuh sudah sangat memadai karena tersedia adanya area parkir, mushola, transportasi transit, pusat informasi serta adanya warung-warung makanan.

Untuk tarif masuk Kawah Putih yaitu Rp.150.000 untuk mobil sampai di atas kawasan Kawah Putih, Rp.35.000 untuk motor dan Rp. 15.000 per orang.

Wisata kawah putih ada dermaga Ponton merupakan jembatan yang terbuat dari kayu sepanjang 50 meter dan lebar 2 meter untuk dilewati oleh para wisatwan yang berkunjung. 

Fungsi Dermaga Ponton ini adalah agar para wisatwan dapat berjalan ke tengah kawah. Tempat yang satu ini juga menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan sebagai spot foto dan dapat melihat keindahan kawah dari jarak dekat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: