Sholat Sunnah Pembuka Rezeki, Ini diantaranya

Sholat Sunnah Pembuka Rezeki, Ini diantaranya

Sholat Sunnah Pembuka Rezeki, Ini diantaranya-CNN Indonesia-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Dalam Islam, ada beberapa sholat Sunnah yang memiliki keutamaan sebagai pembuka pintu rezeki.

Sholat merupakan ibadah ibadah wajib yang paling sering dilakukan oleh umat Islam yakni sehari 5 kali. Namun sholat ini terbagi menjadi  sholat wajib dan sholat Sunnah.

Sholat wajib terdiri dari lima waktu yaitu Dzuhur, ashar, magrib, isya, dan subuh. Sedangkan sholat Sunnah itu ada banyak sekali jenisnya. Diantaranya sholat tahajud, hajat, dhuha, fajar, qobliyah dan ba'diyah dan masih banyak lagi. Sholat Sunnah ini memiliki keutamaan tersendiri.

Seperti halnya sholat Dhuha dan fajar. Solat Sunnah ini dikenal dengan keutamaannya sebagai pintu pembuka rezeki.

Sholat Dhuha dan Sholat Fajar ini sebagai sarana dan bentuk ikhtiar kita kepada Allah untuk memohon kepada Sang Pemberi Rezeki agar dimudahkan, dilancarkan, dan diberi rezeki yang halal dan berkah.

BACA JUGA:Doa Pembuka Rezeki Agar Lancar dan Berkah 

Sebab bukan hanya berusaha, tapi juga tetap harus dibarengi dengan berdoa. berdoa dan berusaha sama-sama penting dilakukan.

Alangkah baiknya sebelum beraktivitas atau bekerja, kita meluangkan waktu untuk melaksanakan sholat Sunnah ini. Berikut ini solat yang memiliki keutamaan pembuka rezeki:

1. Sholat Sunnah Dhuha

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dilakukan ketika matahari sedang terbit sampai menjelang masuk waktu dzuhur. Sholat Dhuha bisa dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan maksimal 12 rakaat. 

Bukan hanya sebagai ikhtiar mendatangkan rezeki, sholat Dhuha juga bisa memilili keutamaan sebagai bentuk sedekah diri. Sebagaimana hadits riwayat Muslim, dari Abu Dzar, Nabi Muhammad SAW bersabda:

BACA JUGA:Sejarah Tahun Baru Islam 1 Muharram, Kebimbangan Para Sahabat Nabi

تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Artinya: pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma'ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan sholat Dhuha sebanyak 2 raka'at.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: