WOW! Ada LRT Cirebon Raya - Kertajati hingga Rel Kereta Rancaekek - Majalengka di Rebana Metropolitan

WOW! Ada LRT Cirebon Raya - Kertajati hingga Rel Kereta Rancaekek - Majalengka di Rebana Metropolitan

LRT Cirebon Raya - Kertajati akan menjadi salah satu proyek di Rebana Metropolitan. Foto hanya ilustrasi.-Setkab-radarkuningan.com

Bandung, RADARKUNINGAN.COM - Kawasan Rebana Metropolitan bakal menjadi wajah baru bagi Provinsi Jawa Barat. Pembangunan besar-besaran akan dilakukan di wilayah ini.

Rebana Metropolitan selain ditunjang dengan infrastruktur jalan tol, juga akan memiliki sarana kereta api dan kereta ringan atau LRT.

Dikutip dari Bappeda Provinsi Jawa Barat (Jabar), rencananya akan dilakukan pembangunan LRT Cirebon Raya - Kertajati sebagai sarana konektivitas wilayah aglomerasi perkotaan tersebut.

Kemudian untuk jalur kereta api akan dilakukan reaktivasi rute Rancaekek - Kertajati. Sehingga wilayah ini akan saling terkoneksi satu sama lainnya.

BACA JUGA:Membuktikan Rebana Metropolitan Bukan Lagi Sebuah Konsep, Bernardus Djonoputro: Sudah Berdenyut-denyut

Proyek infrastruktur lain yang sedang direncanakan dibangun adalah Pelabuhan Patimban Tahap II, Tol Akses Patimban, Tol Kertajati, Tol Cisumdawu Akses Bandara Kertajati, hingga SPAM Jatigede dan TPPAS Cirebon Raya.

Wilayah aglomerasi perkotaan Rebana Metropolitan ini, diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru bagi Provinsi Jawa Barat dan Indonesia.

Rebana Metropolitan ini merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Penduduk di kawasan Rebana Metropolitan berjumlah 9,28 juta atau sekitar 18,82 persen dari total 49,3 juta jiwa penduduk Jabar per 2019.

BACA JUGA:Tak Ada lagi Ciayumajakuning, Adanya Rebana Metropolitan, Kawasan Metropolitan Terbesar Kedua setelah Jakarta

Sebagai jantung pertumbuhan kawasan ini, ada Pelabuhan Patimban di Kabuaten Subang dan Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kab. Majalengka yang berfungsi sebagai pusat konektivitas dan logistik.

Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar di masa depan melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan.

Integrasi yakni mewujudkan sinergi pengembangan kawasan melalui integrasi rantai logistik industri besar-menengah-kecil dan peningkatan konektivitas kawasan untuk integrasi hub logistik-kawasan industri-kawasan perkotaan-kawasan perdesaan.

Inovasi yakni mewujudkan pengembangan kawasan yang bertumpu pada inovasi teknologi, ekonomi kreatif, serta kewirausahaan dan Sumber Daya Manusia (SDM) inovatif untuk menyongsong industri masa depan 4.0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: