Waspada! Berikut Ini Penyakit Kucing yang Bisa Menular Pada Manusia

Waspada! Berikut Ini Penyakit Kucing yang Bisa Menular Pada Manusia

Waspada! Berikut Ini Penyakit Kucing yang Bisa Menular Pada Manusia-hipwee-radarkuningan.com

3. Infeksi cacing tambang atau hookworm

Hookworm adalah infeksi cacing tambang yang hidup di dalam usus kucing dan anjing. Telur dari cacing tersebut keluar bersama feses.

Manusia dapat tertular penyakit ini apabila kontak dengan tanah yang mengandung cacing. Penyebaran cacing tersebut bisa masuk ke tubuh melalui kulit.

Cacing tambang yang masuk ke tubuh akan muncul reaksi gatal luar biasa, radang, hingga sakit perut. Penyakit ini bisa diatasi dengan obat antiparasit.

4. Toxoplasma

Penyakit ini disebabkan oleh parasit protozoa toxoplasma gondi. Parasit ini rentan tertular pada ibu hamil yang berpotensi dapat menularkan kepada anaknya. Apalagi jika sistem kekebalan imunitas ibu hamil sedang lemah.

BACA JUGA:Pentingnya Vaksinasi Pada Kucing Beserta Jenisnya. Cat Lovers Wajib Tahu!

Untuk mencegahnya, perhatikan asupan makanan kucing peliharaan hanya dari makanan kucing kemasan, bukan hewan-hewan pengerat seperti burung. 

Selain itu, jaga kebersihan kucing dari area yang terkena kotoran hewan lain. Atau biarkan kucing peliharaan berada di kandang luar rumah agar tidak menyebarkan infeksi parasit ini.

5. Demam Q

Demam Q merupakan penyakit yang dapat ditularkan kucing kepada manusia melalui infeksi bakteri Coxiella Burnetti.

Penyakit ini dapat menginfeksi manusia melalui debu di udara dan dapat menyebabkan gejala seperti demam tinggi, nyeri, sakit perut, sakit kepala hingga pneumonia.

BACA JUGA:Lakukan Cara Ini Agar Kucing Nurut dan Tidak Nakal

Itulah beberapa penyakit kucing yang bisa menular kepada manusia. Anda sebagai pemilik kucing perlu waspada dan berhati-hati. Selain itu, Anda perlu merawat dan menjaga kesehatan kucing peliharaan untuk mencegah agar tidak terkena penyakit yang berbahaya apalagi yang bisa menular ke manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: