Gejala dan Penyebab Penyakit Scabies pada Kucing, Pemilik Anabul Harus Tahu

Gejala dan Penyebab Penyakit Scabies pada Kucing, Pemilik Anabul Harus Tahu

Gejala dan penyebab penyakit scabies pada kucing yang harus diketahui pemilik anabul.-Foto via Purina/Ist-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM –  Bagi Anda pemilik anabul atau anak bulu atau baru memulai dan ingin memiliki hewan peliharaan kucing di rumah, Anda harus mengetahui dan memahami apa itu penyakit scabies dan apa saja gejala serta penyebabnya. 

Ketika Anda memiliki hewan peliharaan kucing tentu bukan hanya memberi makan dan mengajaknya bermain saja, namun juga perlu memperhatikan mondisi kesehatannya. Jangan sampai kucing peliharaan Anda terserang penyakit seperti scabies ini.

Scabies adalah penyakit kulit pada hewan ternak maupun hewan peliharaan yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei atau Notoedres cati pada lapisan kulit korneum kulit. 

Penyakit scabies ini merupakan salah satu factor yang dapat menurunkan produktivitas kucing. Hal ini disebabkan oleh parasite yang bertahan hidup di dalam tubuh hospes memakan jaringan tubuh, mengambil nutrisi yang dibutuhkan, dan menghisap darah hospes.

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Mencakar Jok Motor

Scabies kucing dapat tertular akibat kontak fisik dengan hewan berbulu lain yang terkena scabies, ataiu kontak dengan barang-barang yang terdapat tungau Sarcoptes scabei dan Notoedres cati.

Scabies kucing umumnya lebih banyak menular pada sesame kucing. Namun, terkadang scabies dari kucing juga bisa menular pada manusia. Penularan ini biasanya juga bisa disebabkan oleh kutu atau tungau dari kucing.

Jika kucing terkena penyakit scabies dapat mengalami penurunan kondisi tubuh, memicuterjadinya reaksi alergi, dan meningkatkan jumlah leukosit atau sel darah putih pada tubuh kucing. Selain itu, penyakit scabies juga berdampak negative bagi pemeliharaan karena sifatnya yang zoonosis.

Penyebab Scabies pada Kucing

Penyakit scabies disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabei atau Notoedres cati pada lapisan korneum kulit. Penyakit scabie ini termasuk kedalam peyakit menular.

BACA JUGA:Penyakit Scabies Pada Kucing: Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jika kucing peliharaanmu belakangan ini sering berhubungan langsung dengan kucing lain yang terkena scabies, maka peluang tertular penyakit  scabies ini akan cukup tinggi.

Selain itu, kucing Anda juga bisa terserang penyakit scabies apabila tempat tinggalmua selama ini terdapat sumber tungau Sarcoptes scabibei atau Notoedres cati. Oleh karena itu, pemilik harus merawat kucing peliharaannya dengan baik dan membersihkan tempat tinggal kucing secara rutin.

Gejala Scabies pada kucing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: