Penting Untuk Diperhatikan, Inilah 10 Penyakit Pada Kucing yang Rentan Terjadi Beserta Ciri-Cirinya

Penting Untuk Diperhatikan, Inilah 10 Penyakit Pada Kucing yang Rentan Terjadi Beserta Ciri-Cirinya

10 penyakit yang kerap terjadi pada kucing dan gejalanya.-Istimewa-radarkuningan.com

Gejala lain dari infestasi kutu pada kucing melibatkan: Kehilangan bulu/rontok, kulit yang tampak merah dan teriritasi, luka-luka pada kulit akibat garukan, dan keberadaan butiran kecil yang mirip pasir di kulit dan bulu kucing.

BACA JUGA:Kucing Tidak Suka Bau Kopi, Bikin Ia Takut dan Menghindar!

Pendeteksian adanya kutu pada kucing atau tidak, umumnya dapat dilakukan dengan melihat langsung kutu dan telurnya yang mudah terlihat pada bulu kucing. 

Untuk salah satu cara efektif mengatasi kutu pada kucing adalah dengan memandikan kucing menggunakan sampo antikutu secara teratur. Selain itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan informasi tentang perawatan yang paling tepat bagi kucing kamu.

2. Diare

Diare merupakan masalah umum pada kucing yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti alergi, peradangan pada saluran pencernaan, intoleransi makanan, atau infeksi bakteri.

Gejalanya mencakup perubahan pada konsistensi feses seperti mencret dan peningkatan frekuensi buang air seiring waktu.

BACA JUGA:Perbedaan Makanan Kucing Kering dan Basah, Pemilik Anabul Wajib Tahu

Penyakit diare pada kucing tersebut dapat mengakibatkan kekurangan cairan dalam tubuh, oleh karena itu selalu pastikan memberikan pasokan air bersih secara teratur untuk kucing.

Cara mengatasi kondisi diare pada kucing, pilihan pengobatannya meliputi penggunaan probiotik atau obat antidiare yang telah diresepkan oleh dokter hewan.

Meskipun diare umumnya dapat sembuh sendiri seiring berjalannya waktu dan tidak membahayakan, namun jika kondisi ini tidak membaik dalam dua hari, disertai penurunan nafsu makan, muntah, atau ketidakmampuan kucing untuk makan, maka disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter hewan.

3. Cacingan

Penyakit cacingan pada kucing dapat timbul akibat konsumsi makanan yang terkontaminasi oleh bakteri atau melalui interaksi dengan hewan lain, seperti tikus. 

BACA JUGA:10 Penyakit Kulit yang Dapat Menyerang Kucing, Kenali Gejalanya!

Gejala yang mungkin muncul akibat penyakit cacingan mencakup penurunan berat badan, perut yang terlihat membuncit, keberadaan cacing pada feses kucing, serta kondisi bulu yang tampak kasar, kusam, kusut, dan mudah rontok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: