Penting Untuk Diperhatikan, Inilah 10 Penyakit Pada Kucing yang Rentan Terjadi Beserta Ciri-Cirinya

Penting Untuk Diperhatikan, Inilah 10 Penyakit Pada Kucing yang Rentan Terjadi Beserta Ciri-Cirinya

10 penyakit yang kerap terjadi pada kucing dan gejalanya.-Istimewa-radarkuningan.com

Untuk mengatasi penyakit cacingan ini, dokter hewan umumnya akan meresepkan terapi obat cacing yang dirancang untuk membunuh cacing-cacing yang ada dalam tubuh kucing, atau bisa ditangani dengan obat dewormer dalam bentuk oral ataupun suntikan.

4. Penyakit Infeksi Mata

Infeksi mata merupakan salah satu gangguan kesehatan mata yang sering ditemui pada kucing. Kondisi ini dapat muncul sebagai akibat dari infeksi bakteri, reaksi alergi, iritasi, atau adanya benda asing yang menghalangi fungsi normal mata.

Infeksi mata dapat mempengaruhi satu atau kedua mata kucing, ciri-ciri dari gejala yang mungkin timbul yaitu: mata yang tampak merah dan berair, kelopak mata yang membengkak, gerakan mata berkedip yang lebih sering dari biasanya, kecenderungan kucing untuk sering menggosok mata atau wajah, dan penurunan nafsu makan.

BACA JUGA:Rekomendasi Makanan Basah Kucing, Cocok Untuk Meningkatkan Nafsu Makan dan Program Penggemukan

Meskipun termasuk kondisi yang cenderung ringan, infeksi mata pada kucing dapat dengan cepat sembuh melalui perawatan yang tepat dari dokter hewan.

Pengobatannya umumnya melibatkan pemberian obat tetes mata khusus yang diresepkan oleh dokter untuk mengatasi penyebab dan gejala infeksi mata tersebut.

5. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Infeksi pernapasan atas pada kucing adalah penyakit yang mempengaruhi hidung, tenggorokan, dan sinus, rentan terhadap berbagai jenis virus dan bakteri, dan sebagian besar kasus infeksi ini disebabkan oleh feline calicivirus dan feline herpesvirus.

Gejala infeksi pernapasan ini bervariasi tergantung pada penyebab dan lokasi infeksinya, ada beberapa tanda umum yang sering muncul meliputi:

BACA JUGA:Rekomendasi Makanan Kering Kucing Terbaik, Baik Untuk Kesehatan Gigi

Bersin, hidung tersumbat, mata berair, batuk, cairan dari hidung, tersedak, demam, penurunan nafsu makan, pernapasan cepat, luka di sekitar hidung dan mulut, serta perilaku seperti menyipitkan atau menggosok-gosok mata, bahkan bernapas dengan mulut terbuka.

Penting untuk segera membawa kucing ke dokter hewan saat menunjukkan gejala di atas, hal ini memungkinkan dokter untuk melakukan diagnosis dan menentukan pengobatan yang paling efektif setelah mengidentifikasi virus atau bakteri penyebab masalah pernapasan ini.

6. Penyakit Saluran Kencing Bawah

Penyakit saluran kencing bagian bawah pada kucing adalah kondisi serius yang tidak boleh diabaikan dan dapat menyerang kucing jantan atau betina, dan juga untuk  kucing dengan berat badan berlebih, tidak sehat, atau mengonsumsi makanan kering dapat beresiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: