Berapa Kali Kucing Hamil dalam Setahun? Simak Jawabannya!

Berapa Kali Kucing Hamil dalam Setahun? Simak Jawabannya!

Berapa Kali Kucing Hamil dalam Setahun? Simak Jawabannya! -Orami-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari karena lucu dan menggemaskan.

Kucing merupakan hewan mamalia yang umurnya terbilang cukup pendek dibanding dengan hewan lainnya. Rata-rata kucing bisa hidup antara 10-16 tahun.

Hal ini tentu mempengaruhi umur berapa kucing bisa hamil. Kehamilan pada kucing akan lebih cepat dibanding hewan mamalia lain.

Kucing bisa hamil pada usia 4 bulan. Biasanya di usia 4 bulan kucing sudah mulai bisa kawin. Umur kucing bisa hamil ini disebut dengan istilah queening. Namun, adapula kucing yang baru bisa hamil pada umur 5 bulan. Hal ini karena aktivitas reproduksi pada masing-masing kucing berbeda.

Masa kehamilan kucing juga cukup pendek yaitu antara 63-65 hari atau sekitar 2 bulan lebih. Karena Masa kehamilan yang pendek, kucing bisa mengalami Masa kehamilan dua kali dalam setahun. Pada saat heat season atau masa di mana kucing betina sedang mengalami pubertas, ia bisa hamil hingga tiga kali dalam setahun.

BACA JUGA:Kode Alam Kucing Mengeong Tengah Malam yang Jarang Diketahui

Dalam sekali melahirkan, kucing bisa melahirkan hingga 10. Tapi umumnya akan melahirkan 3-6 anak kucing. Biasanya jika melahirkan 10 anak, ada beberapa anaknya yang tidak bisa bertahan hidup dalam beberapa hari sehingga meninggal.

Cara Mengetahui Kehamilan Kucing

Sama seperti hal nya manusia, kucing yang sedang hamil mungkin megalami tahap muntah. Pada hari ke 15-18 kehamilan kucing, biasanya putingnya akan membesar dan merah, kondisi ini dikenal dengan ‘pinking up’.

Perut kucing juga akan membengkak, maka hindari menyentuhnya agar tida berisiko melukaiibu atau anaknya yang belum lahir. Pembesaran perut kucing ini juga bukan hanya karena kehamilan, tapi mungkin ada penyebab lain, maka pantau dan cermati untuk setiap tanda penyakit.

Berat badan kucing yang sedang hamil secara bertahap akan bertambah 1-2 kg, dan ini memperkuat tanda kucing hamil. Kucing yang sedang hamil juga mengalami peningkatan nafsu makan.

BACA JUGA:Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan, Lakukan sebelum Jadi Kebiasaan

Kucing yang sedang hamil akan bersikap lebih keibuan, dia akan lebih banyak mendengkur dan mencari keributan serta perhatian dari pemilik kucing. Selama masa kehamilan, penting untuk memberi nutrisi yang tepat untuk kucing.

Tanda Kucing Akan Melahirkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: