Usia Berapa Kucing Betina Siap Kawin? Berikut Penjelasan dan Tanda-tandanya

Usia Berapa Kucing Betina Siap Kawin? Berikut Penjelasan dan Tanda-tandanya

Usia Berapa Kucing Betina Siap Kawin? Berikut Penjelasan dan Tanda-tandanya-merdeka.com-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM-  Kucing merupakan salah satu hewan mamalia yang berkembang biak dengan melalui proses perkawinan

Pemilik kucing tentu perlu mengetahui masa perkawinan kucing itu sendiri agar tidak menimbulkan stress akibat tidak dikawinkan. 

Pada kucing akan terjadi perubahan dalam tingkah laku dan fisiknya yang merupakan bagian dari tanda organ reproduksi yang sedang berjalan. 

Kucing betina biasanya di usia 4 bulan kucing sudah mulai bisa kawin. Kucing betina mengalami birahi umumnya pada usia 6-10 bulan, sedangkan kucing jantan birahi pada usia 10-12 bulan. 

Apabila kucing betina dan kucing jantan sudah mengalami birahi maka dapat dikatakan sudah matang pada organ reproduksinya dan siap dikawinkan. Istilah birahi ini merupakan suatu kondisi yang menggambarkan kucing sedang berada dalam periode estrus atau masa kawin. 

BACA JUGA:Sampai Umur Berapa Kucing Bisa Hamil? Ternyata Lebih Cepat Dibanding Hewan Mamalia Lain

Musim kawin pada kucing betina biasanya dimulai dari bulan Februari hingga Oktober. Sedangkan Musim kawin pada kucing jantan dari bulan Maret hingga September. 

Siklus birahi kucing dapat terjadi sebulan sekali. Namun, dalam beberapa kasus juga bisa terjadi 2-3 bulan. Sedangkan proses birahi itu sendiri, akan berlangsung kurang lebih 4-5 hari. Ada beberapa tanda kucing betina  birahi, diantaranya sebagai berikut:

1. Kucing betina menjadi lebih manja

Kucing betina yang birahi biasanya akan lebih manja. Sikap manjanya bisa terlihat saat ia seringkali mendekat kepada manusia atau pemiliknya untuk minta dielus, terutama bagian belakang tubuhnya.

BACA JUGA:Mengetahui Tanda-tanda Kehamilan pada Kucing, Perilakunya Berubah Drastis

2. Peningkatan Vokalisasi

Hal yang paling umum sering dilakukan kucing saat birahi adalah ia lebih banyak bersuara. Kucing akan sering mengeong dan terdengar lebih keras.

Vokalisasi ini dilakukan sebagai cara untuk menarik perhatian kucing jantan bahwa ia sedang birahi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: