Gowes Tipis ke Desa Wisata Cibuntu, Banyak Obyek Menarik, Ada Penampakan Gunung Ciremai dari Persawahan

Gowes Tipis ke Desa Wisata Cibuntu, Banyak Obyek Menarik, Ada Penampakan Gunung Ciremai dari Persawahan

Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan merupakan salah satu destinasi gowes yang menarik. -Dokumen-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Bagi warga Cirebon dan sekitarnya yang suka olahraga bersepeda, tak perlu rute-rute yang jauh-jauh. Ke Desa Wisata Cibuntu saja sudah sangat cukup.

Jalur menuju ke desa yang masuk dalam Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan ini cukup menantang. Pemandangan khas alam pegunungan pun sangat memanjakan mata.

Di antaranya ada penampakan gagahnya Gunung Ciremai dilihat dari jalan di tengah persawahan. Atau, bisa mihat deretan kadang kambing di Kampung Domba yang ada di desa ini.

Rute ke desa wisata ini bisa ditempuh dengan berbaga jenis sepeda. Lebih enak jika dengan sepeda gunung. Karena kontur tanahnya yang naik turun sangat mendukung bila dengan sepeda jenis ini.

BACA JUGA:Ini Nama Pejabat JPT yang Akan Dilantik Bupati Kuningan, Tidak Ada Nama Sekretaris BKPSDM dan Kabag Ekonomi

Dengan sepeda jenis roadbike juga sangat bisa. Jalan sampai ke desa ini, walau tidak terlalu mulus, tapi bisa nyaman dilalui menggunakan roadbike

Begitu pula jika ingin menggunakan sepeda lipat. Dengan sepeda ini pun bisa nyaman sampai Cibuntu. Walau jalannya naik-turun, tapi masih sangat toleran untuk jenis sepeda lipat.

Bila dari Cirebon, ada dua jalur yang terbaik menurut para goweser. Pertama melalui jalur Plangon. Kedua, melalui rute Pasawahan. Dua-duanya menantang dan menyajikan alam yang indah di sepanjang perjalanan.

Rute dari Plagon memang lebih dekat sedikit dibandingkan dengan jalur Pasawahan. Hanya saja lalu lintas di jalur ini sangat ramai, karena merupakan jalur utama Sumber - Kuningan.

BACA JUGA:Mendadak Galak, Ini Penyebab Kucing Bersikap Agresif Beserta Cara Mengatasinya

Rute pertama, setelah sampai Pasar Sumber belok menuju tanjakkan Plangon. Dari tanjakan yang terkenal banyak monyetnya ini, lurus melalui Sidawangi hingga sampai Mandirancan.

Sampai Pasar Mandirancan lurus dan nanjak tipis sampai ke Patung Macan. Dari tempat ini belok kiri menyusuri jalur ke arah pintu gerbang Desa Paniis.

Setelah itu lurus terus. Ambil jalan menuju Cibuntu. Dari situ hanya ada jalan satu-satunya menuju Desa Wisata Cibuntu. 

Jika melalui rute kedua, patokannya tetap Pasar Sumber. Dari tempat ini lurus mencari jalan ke arah Dukupuntang atau Rajagaluh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: