Gowes Tipis ke Desa Wisata Cibuntu, Banyak Obyek Menarik, Ada Penampakan Gunung Ciremai dari Persawahan

Gowes Tipis ke Desa Wisata Cibuntu, Banyak Obyek Menarik, Ada Penampakan Gunung Ciremai dari Persawahan

Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan merupakan salah satu destinasi gowes yang menarik. -Dokumen-radarkuningan.com

BACA JUGA:5 Macam Warna Kucing Pembawa Rezeki pada Pemiliknya, Apakah Kucing Peliharaan Kamu Termasuk?

Sampai di pertigaan Sindang Jawa belok kiri. Kemudian akan bertemu dengan Balai Desa Cisaat. 

Dari tempat ini ada dua rute yang bisa dilalui. Yang lebih pendek bisa terus jalan naik turun. Sampai ke pertigaan Desa Matangaji, terus menuju ke Pantung Macan. Kemudian terus pagi ke Paniis yang arah Cibuntu.

Lebih menantang jika dari pertigaan Desa Cisaat belok kanan ke Mandala. Kemudian baru menempuh rute menuju Kecamatan Pasawahan.

Rute ini sedikit lebih menantang. Ada beberapa tanjakan ringan di jalur Cisaat - Mandala. Juga ada jalur tanjakan merayap lumayan panjang dari Mandala ke Pasawahan.

BACA JUGA:3 Macam Olahan Telur untuk Diet, Rendah Kalori dan Efektif Turunkan Berat Badan

Dari pertigaan Pasawahan ambil jalur ke kiri menuju obyek wisata Cipaniis. Kemudian terus nanjak sedikit ada penunjuk arah ke Desa Cibuntu. Ikuti saja penunjuk arah itu. 

Dari Paniis ke Cibuntu itu banyak pemandangan menarik. Ada perkebunan karet milik PT Geger Halang. Juga banyak rerumputan ilalang yang selalu berbunga. Cocok untuk dijadikan latar belakang foto.

Jika tidak mendung, bisa melihat Gunung Ciremai dari jarak yang sangat dekat. Karena lokasi ini persis di lereng gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut.

Namun kadang eloknya gunung penuh misteri ini, tidak bisa dilihat dengan sempurna. Di tempat tertentu pandangan mata sering terhalang oleh pepohonan dan kontur jalan yang naik turun.

BACA JUGA:Ternyata Inilah Hukum Sterilisasi Kucing Dalam Islam, Benarkan Anabul Boleh Disterilisasi?

Jarak dari Cirebon jika melalui rute Plangon hanya kurang lebih 24 km. Sementara jika melalui jalur tanjakkan Pasawahan bisa lebih 30 km.

Jarak tersebut sudah sangat cocok untuk gowes tipis-tipis. Tidak terlalui jauh dan bisa menghemat waktu namun banyak tantangan dan pemandangan yang menarik.

Tentu, lebih indah lagi kalau sudah sampai di Desa Wisata Cibuntu. Banyak obyek wisata yang bisa dilihat. Bahkan, jika ingin bermalam pun, tersedia homestay dan perkemahan. 

Objek wisata di Cibuntu memang lengkap. Yang terbaik tentu panorama alam pegunungan yang indah dan sejuk. Juga persawahan warga yang dari tempat itu bisa melihat Gunung Ciremai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: