Bayar Tol Pakai E-Toll Bakal Dihapus, Ini Gantinya, Simak Kata-kata Menteri Basuki Hadimuljono

Bayar Tol Pakai E-Toll Bakal Dihapus, Ini Gantinya, Simak Kata-kata Menteri Basuki Hadimuljono

Sistem bayar tol tanpa sentuh akan diterapkan pemerintah, sehingga e-toll akan dihapus.-Yuda Sanjaya-radarkuningan.com

Jakarta, RADARKUNINGAN.COM - Sistem bayar tol pakai e-toll card atau e-money bakal segera dihapus dan diganti dengan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

Sistem bayar penggunaan jalan tol tanpa sentuh ini, masih dalam tahap sosialisasi. Salah satunya dilakukan di jalan tol Bali Mandara.

Nantinya, sistem pembayaran MLFF ini akan menggunakan cara transisi seperti ketika masyarakat beralih dari pembayaran tol dengan uang tunai ke e-toll.

"Perlu diberikan papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba MLFF. Sehingga masyarakat siap dari sebelum masuk Jalan Tol Bali Mandara," kata Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dalam keterangan tertulis.

BACA JUGA:Dapatkan Sensasi Baru Glamping Ciwidey Pineus Tilu di Pinggir Sungai, Ini 5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Menurut dia, sosialisasi untuk sistem MLFF ini bakal cukup panjang. Sebab, masyarakat memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri.

Sedangkan dari sisi teknologi diklaim sudah siap. Tinggal bagaimana penerapannya kepada masyarakat.

"Tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimis proses ini akan berjalan lancar," kata Basuki Hadimuljono.

Pak Bas -sapaan akrabnya- menambahkan, penggunaan MLFF adalah langkah maju dengan memanfaatkan teknologi.

BACA JUGA:Tanpa Perlawanan, Petugas UPT Damkar Kuningan Evakuasi Biawak dari Rumah Warga Purwasari

Adapun proses transisi pemanfaatan teknologi ini, diharapkan dapat berjalan dengan baik

Sebab, begitu diterapkan penggunaan e-toll sudah tidak berlaku lagi. Hal ini sama dengan ketika peralihan dari sistem bayar tunai ke e-money.

Rencanannya, untuk sistem MLFF sendiri baru uji coba di Lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai dan ditetapkan di seluruh lajur gerbang tol pada Maret 2024.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian menambahkan, uji coba MLFF di Jalan Tol Bali Mandara sudah berjalan sejak pekan kedua November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: