Gunung Ciremai Punya 2 Kawah, Ada yang Bertuliskan Lafadz Allah

Gunung Ciremai Punya 2 Kawah, Ada yang Bertuliskan Lafadz Allah

2 kawah Gunung Ciremai yakni bagian barat dan timur.-BTNGC-radarkuningan.com

Kuningan, RADARKUNINGAN.COM - Masyarakat dan pendaki ternyata belum banyak yang tahu bahwa Gunung Ciremai ternyata memiliki 2 kawah.

Kawah Gunung Ciremai ini terdapat 2 bagian yakni kawah bagian barat dan timur, dan kedua bagiannya saling berpotongan satu sama lain.

Menariknya di kawan timur Gunung Ciremai yang bisa dijangkau dari Kabupaten Kuningan ada tulisan lafadz Allah yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Citra atau gambar lafadz Allah tersebut terdokumentasikan secara tidak sengaja oleh pilot drone Andrea Ramadhan.

BACA JUGA:52 Daftar Nama Kucing Pembawa Rezeki untuk Pemiliknya, Anabul Bawa Keberuntungan

Ternyata lafadz Allah di dasar kawah Gunung Ciremai tersebut dibuat dari tumpukan batu-batu. Namun tidak diketahui, siapa yang membuat tulisan tersebut. Di lokasi itu, juga ada susunan batu lainnya.

Selain batu yang disusun tersebut pada bagian lain juga terdapat tumpukan batu bersusun. "Ini manusia yang buat? Atau? Who knows nggak ada yang tahu," kata Andrea yang mempublikasikan video tersebut.

Diungkapkan dia, kondisi kawah Gunung Ciremai berbentuk jurang yang sangat curam. "Mungkinkah ada yang turun ke sini? Mungkin ada orang-orang yang paham dengan jalurnya," sebut dia.

Melansir publikasi Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) di laman KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) duisebutkan bahwa kedua kawah tersebut terbentuk dalam rentang waktu ratusan tahun.

BACA JUGA:3 Tempat Glamping Ciwidey yang Murah, Nyaman dan Bikin Betah Tak Mau Pulang

Kawah barat terbentuk pada tahun 1698 yang berbentuk setengah lingkaran dan terdapat bukit lava dengan sebutan Sunan Cirebon pada ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Ini adalah titik tertinggi di Gunung Ciremai yang menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat. Sedangkan titik tertinggi kedua adalah Pangeran Talaga dengan ketinggian 3.058 MDPL.

Sedangkan kawah timur terbentuk pada tahun 1924. Bentuk kawah yang lebih muda ini, cenderung bulat. Di kawah baru inilah pusat dari aktivitas vulkanologi dari Gunung Ciremai yang masih sangat aktif.

Pada bagian kawah timur juga terdapat 2 bukit lava yakni Lawang Gede dan Sunan Mataram yang berada pada ketinggian 3.046 MDPL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: