Mengenal Sterilisasi Kucing, Prosedur dan Manfaatnya, Cegah Anabul Hamil Terus

Mengenal Sterilisasi Kucing, Prosedur dan Manfaatnya, Cegah Anabul Hamil Terus

Mengenal sterilisasi kucing dan manfaatnya. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Steril kucing atau biasa dikenal dengan sterilisasi kucing merupakan langkah operasi yang dilakukan dokter hewan untuk mengangkat rahim serta ovarium kucing betina dan mengangkat testis pada kucing jantan yang menjadi alat reproduksi hewan tersebut.

Tujuan utama prosedur sterilisasi kucing ini adalah untuk mengendalikan jumlah keberadaan anabul yang ada di lingkungan serta mencegah kehamilan pada kucing.

Prosedur sterilisasi kucing ini dapat dilakukan jika kucing sudah memasuki umur 6 bulan karena pada umur tersebut kucing sudah dewasa, sehingga langkah terbaik adalah melakukan sterilisasi lebih awal.

Langkah sterilisasi ini, bisa dilakukan pada kucing liar atau kucing kampung (felix silvestris) maupun yang menjadi hewan peliharaan.

BACA JUGA:Pinggir Jalan Ciniru-Japara Dipenuhi Gadriel, Situ Caracas Jalintim Tetap Tidak Dipasang Pagar Besi Pengaman

Jika pemilik anabul melakukan sterilisasi pada hewan peliharaan, maka setidaknya terdapat empat manfaat yang akan didapatkan seperti:

1. Kesehatan kucing peliharaan meningkat

kucing betina yang telah disterilisasi dan diangkat rahimnya akan terhindar  dari penyakit kanker serviks dan infeksi rahim, sedangkan pada kucing jantan sterilisasi dapat menghindarkan kucing dari adanya infeksi saluran kemih, oleh karena itu untuk  lebih menjaga kesehatan kucing peliharaan maka proses sterilisasi adalah hal yang dapat dilakukan.

2. Kebersihan rumah terjaga

Dengan dilakukannya sterilisasi pada kucing jantan maka akan mengurangi keinginan kucing tersebut untuk mengeluarkan urin pada tempat-tempat tertentu sehingga kebersihan rumah atau lingkungan  pun dapat terjaga.

BACA JUGA:7 Rutinitas Pagi yang Bikin Cepat Kurus, Jadi Solusi Diet Paling Ringan dan Mudah

3. Kucing akan menjadi lebih tenang

Pada saat ingin birahi, maka seekor kucing biasanya lebih agresif bahkan tidak jarang akan bertengkar dengan kucing lain  diluar rumah, dengan dilakukanya sterilisasi kucing maka akan menghilangkan keinginan kucing untuk birahi dan membuat kucing akan tetap tenang meskipun terdapat kucing lain diluar rumah.

4. Kucing tidak kabur dari rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: