5 Rekomendasi Obat Mata Kucing Belekan yang Ampuh dan Efektif

5 Rekomendasi Obat Mata Kucing Belekan yang Ampuh dan Efektif

5 Rekomendasi Obat Mata Kucing Belekan yang Ampuh dan Efektif -pintarpet-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Bila kamu melihat kucing kesayanganmu belekan, dan sering menggosok-gosokan wajahnya ke sofa, bisa jadi ada sesuatu yang terjadi pada kucing.

Memang bukan hal yang aneh bagi kucing jika sesekali terlihat matanya berair. Namun, ada situasi di mana Anda harus mengobati jika kondisi mata kucing belekan tak kunjung membaik. 

Belek pada kucing bisa berwarna bening dan bertekstur encer atau hijau kekuningan dengan tektur yang ketal. Akibatnya mata kucing menjadi merah, bengkak, dan sulit dibuka. Padahal mata kucing yang sehat biasanya tampak cerah dan jernih. 

Ada beragam faktor yang menjadi penyebab mata kucing belekan. Diantaranya konjungtivitis, masuknya benda asing, infeksi saluran atas, gangguan kornea, alergi, dan lain-lain.

Hal ini tentu tak bisa dianggap remeh. Sebab mata kucing belekan dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang berpotensi mengganggu penglihatan kucing.

BACA JUGA:5 Cara Mengobati Mata Kucing Belekan Beserta Penyebabnya, Cukup Menggunakan Bahan Dapur?

Sebagai penanganan pertama untuk mengatasi mata kucing belekan, kamu bisa membersihkan mata kucing dengan tisu atau kapas yang direndam air hangat untuk menghilangkan belek. 

Namun, jika mata kucingmu belekan terus dan tak kunjung sembuh, kamu bisa memberikan obat mata kucing belekan. Dilansir dari laman halodoc.com, obat sakit mata untuk kucing belekan diantaranya:

1. Doxycycline

Doxycyline merupakan obat kucing belekan yang dapat digunakan untuk mengobati belekan akibat konjungtivitis. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, suntikan, dan obat tetes mata.

Untuk mengobati mata belekan pada kucing, kamu bisa memberikan doxycycline tetes mata dengan dosis 2-4 kali sehari sebanyak 1-2 tets pada mata kucing.

2. Gentamicin

Jika kucing peliharaanmu mengalami belekan akibat infeksi bakteri, akmu bisa memberikan gentamicin untuk mengatasinya.

BACA JUGA:Bolehkah Kucing Minum Susu Beruang? Inilah 4 Efek Susu Beruang terhadap Anabul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: