Kenali 5 Penyebab Mata Kucing Berair, Beserta Cara Tepat Mengatasinya

Kenali 5 Penyebab Mata Kucing Berair, Beserta Cara Tepat Mengatasinya

5 Penyebab Mata Kucing Berair Beserta Cara Tepat Mengatasinya-Grid kids - Grid id-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Mata Kucing berair bisa menjadi pertanda adanya gangguan terhadap organ penglihatan nya.

Kucing memproduksi air mata yang berfungsi melembapkan dan menutrisi organ penglihatan nya. air mata pada kucing juga berperan melindungi mata kucing dari infeksi bakteri.

Namun, jika air mata yang dikeluarkan terlalu banyak, hal ini menyebabkan mata kucing berair. mata kucing berair biasanya disertai dengan lendir dan menandakan kucing mengalami sakit mata.

Mata berair tentu mengganggu aktivitas kucing, bahkan menimbulkan rasa yang tidak nyaman sehingga membuat kucing melukai area mata nya dengan kaki nya sendiri.

Ada beberapa penyebab mata kucing berair mulai dari flu kucing hingga ulkus mata atau bisul. Berikut penjelasan lengkapnya. penyebab mata kucing berair beserta cara mengatasinya:

BACA JUGA:4 Tips Memilih Makanan Kucing Murah Namun Tetap Memenuhi Nutrisi Anabul

1. Flu Kucing 

Flu kucing merupakan salah satu penyebab mata kucing berair. Flu kucing yang paling umum disebabkan oleh calicivirus atau virus herpes kucing.

Selain itu virus ini menyebabkan mata kucing berair dan konjungtivitis. Gejalanya hidung berair, lesu, tidak nafsu makan, dan demam.

2. Infeksi Mata

Infeksi mata biasanya disebabkan oleh luka pada mata atau ada benda asing yang masuk ke mata seperti kotoran atau pasir.

Infeksi mata juga bisa dialami oleh anak kucing karena infeksi yang terjadi pada vagina induknya saat lahir, serta lahir di lingkungan yang tidak bersih.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Makanan Kering yang Murah untuk Kucing Kesayangan Anda

Penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri juga bisa menyebabkan infeksi mata. Seperti penyakit bakteri, klamidofilosis kucing, paling sering menyebabkan infeksi mata dan konjungtivitis. Biasanya jika adanya infeksi bakteri tandanya cairan berwarna hijau atau kuning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: