6 Alasan Mengapa Kucing Suka Menjilat Bulu dan Tubuhnya Sendiri, Bukan Hanya Agar Bersih

6 Alasan Mengapa Kucing Suka Menjilat Bulu dan Tubuhnya Sendiri, Bukan Hanya Agar Bersih

Kenapa Kucing Suka Menjilat Bulu dan Tubuhnya? Ternyata Ini Alasannya!-IDN Times-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Kucing sebagai hewan peliharaan, memiliki banyak kebiasaan unik yang menarik perhatian pemiliknya.

Salah satu kebiasaan atau aktivitas yang dilakukan kucing adalah menjilat bulu dan tubuhnya sendiri. Mungkin bagi pemilik kucing sering melihat aktivitas kucing yang satu ini kan? Sebenarnya, kenapa kucing suka menjilat bulu dan tubuhnya sendiri?

Alasan kenapa kucing suka menjilat bulu dan tubuhnya sendiri adalah untuk membersihkan bulunya agar tetap sehat. Aktivitas kucing menjilat bulu dan tubuhnya ini merupakan perawatan diri atau dikenal juga dengan grooming. Kebiasaan menjilat bulu dan tubuh, dipelajari kucing dari induknya ketika masih kecil.

Mungkin kamu juga sering melihat induk kucing yang menjilat bulu dan tubuh anaknya, itu salah satu contoh perawatan yang dilakukan oleh induk kucing kepada anaknya agar tetap bersih dari kotoran dan debu.

BACA JUGA:5 Cara Mengajari Kucing Kampung Agar Tidak Buang Air Sembarangan

Namun, bagi Anda pemilik kucing, harus mengetahui kebiasaan kucing menjilat bulu dan tubuhnya ini bukan hanya untuk kebersihan. Ada beberapa alasan kenapa kucing suka menjilat tubuh dan bulunya sendiri, diantaranya sebagai berikut:

1. Melindungi tubuh dari parasit

Kebiasaan kucing menjilati bulu tubuhnya sendiri, maka lidah kucing akan berfungsi seperti duri yang mendorong kelenjar Sebaceous pada dasar rambutnya. Kelenjar Sebaceous ini akan menyebarkan sebum yang dihasilkan ke seluruh rambut.

Hal ini berfungsi untuk membantu membersihkan lapisan kotoran dan parasit seperti kutu yang ada di kulitnya. Jika kotoran pada tubuh kucing sulit dibersihkan, kucing akan menggunakan giginya.

2. Mendinginkan tubuh

Alasan kedua mengapa kucing suka menjilati bulunya sendiri adalah untuk mendinginkan suhu tubuhnya agar tetap normal. Sebab kucing dapat menghasilkan sedikit keringan dari kakinya. 

BACA JUGA:10 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Lemas, Cek Dulu Gejalanya

Akan tetapi kebanyakan dari mereka juga mengandalkan penguapan air liur pada bulunya. Maka, fungsi dari aktivitas kucing yang menjilati dirinya adalah agar dapat mengontrol sekitar sepertiga dari proses pendinginan tubuhnya.

3. Menghangatkan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: