Gempa di Cirebon Hari Ini, Warga Kapetakan Mengaku Mendengar Dentuman

Gempa di Cirebon Hari Ini, Warga Kapetakan Mengaku Mendengar Dentuman

Gempa bumi di Cirebon hari ini, menurut BMKG terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. -Daryono/BMKG-radarkuningan.com

Cirebon, RADARKUNINGAN.COM - Gempa di Cirebon hari ini membuat kaget warga di Kecamatan Kapetakan, Minggu, 3, Desember 2023 sekitar pukul 07.00 WIB.

Warga awalnya melaporkan terjadi dentuman dalam waktu 3 hari terakhir. Laporan yang direspons oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon itu, lantas diteruskan kepada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

Hasilnya, BMKG menyatakan bahwa menang benar di Kabupaten Cirebon telah terjadi gempa bumi sekitar pukul 07.00 WIB. Namun, tidak diketahui terkait dengan kekuatan gempa.

Bahkan, kejadian gempa tersebut tidak terpublikasi di laman BMKG yang biasanya menyampaikan informasi mengenai kegempaan.

BACA JUGA:Potong Lalu Celupkan ke Air, Ternyata Mudah! Begini Cara Mengembangbiakan Tanaman Sirih Gading

"Sekitar pukul 07.00 WIB terjadi gempa di Cirebon dipicu aktivitas sesar aktif," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di laman X yang dikutip radarkuningan.com, Minggu, 3, Desember 2023.

Kendati demikian tidak ada informasi lain yang disampaikan. Daryono hanya membagikan tangkapan layar terkait aktivitas gempa bumi di Cirebon hari ini. Terlihat pusat gempa berada pada koordinasi -6,91 Lintang Selatan (LS) dan 108,72 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 10 kilometer.

Melihat hiposenter dari gempa bumi di Cirebon hari ini, termasuk dalam kategori dangkal karena kedalama pusat gempa hanya sekitar 10 kilometer saja.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan menyampaikan bahwa laporan mengenai aktivitas kegempaan sudah disampaikan warga dalam beberapa hari terakhir.

BACA JUGA:Udara Segar dan Bebas Polusi, Tanam Sirih Gading di Dalam Rumah, Bisa di Air Agar Estetik

Warga memang tidak melaporkan adanya guncangan. Tetapi mereka mengaku mendengar ada suara dentuman yang cukup keras.

"Sudah tiga hari terakhir warga melaporkan ke BPBD termasuk lewat grup juga, katanya ada suara dentuman. Nah tadi pagi itu sekitar jam 7 ada dentuman lagi," kata Faozan, dilansir dari radarkuningan.com dari laman Radar Cirebon.

Setelah menerima laporan, pihaknya menghubungi pihak yang berkompeten yakni BMKG. Kemudian disampaikan bahwa memang benar terjadi gempa bumi di wilayah Cirebon.

"Saya menghubungi Pak Daryono dan katanya memang benar ada gempa bumi di Cirebon tadi pagi jam 7," kata Faozan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: