Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan, Lebih Landai Tapi Tanjakan Asoynya Mantap!

Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan, Lebih Landai Tapi Tanjakan Asoynya Mantap!

Informasi Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan yang berada di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.-BTNGC-radarkuningan.com

Kuningan, RADARKUNINGAN.COM – Informasi Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan yang dikenal lebih landai, sehingga cocok untuk pendaki pemula.

Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan memiliki jarak tempuh sekitar 9 kilometer dengan waktu tempuh 475 menit sampai dengan 570 menit.

Rute ini menjadi favorit karena begitu mulai, pendaki sudah berada di Base Camp yang berada di ketinggian 1.077 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Base campe ini berlokasi di Kawasan Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan yang juga lokasi wisata.

BACA JUGA:10 Pos yang Dilalui Saat Mendaki Gunung Ciremai via Jalur Pendakian Linggarjati, Ada Tanjakan Paling Ekstrem

Adapun jalur yang dilintasi dan pos di jalur pendakian Palutungan adalah Cigowong di ketinggian 1.622 MDPL, Kuta 1.713 MDPL, Pangguyangan Badak 1.848 MDPL (Transit Camp/TC).

Berikutnya adalah Arban di ketinggian 2.064 (TC), Tanjakan Asoy 2.168 MDPL (TC), Pasanggrahan 2.336 MDPL (TC) dan Sanghyang Ropoh 2.584 MDPL.

Berikutnya adalah Simpang Apuy 2.828 MDPL, Goa Walet 2.934 MDPL dan Puncak Apuy Palutungan 3.051 MDPL (A) atau menuju ke Puncak Ciremai 3.078 MDPL (B).

Rute dan jalur pendakian ini dikelola oleh Mitra Pengelola Pariwisata GUnung Ciremai (MPGC) Palutungan.

BACA JUGA:Jalak Hitam, Burung yang Sering Iringi Para Pendaki Gunung Ciremai, Bikin Suasana Tambah Angker

Menurut laman Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), kondisi medan di jalur pendakian ini cukup panjang dan relatif landai dengan kemiringan 13 persen sampai dengan 55 persen.

Sarana dan prasarana yang tersedia juga sudah sangat lengkap yakni, pos tiket, pos jaga, shelter, papan petunjuk dan larangan, toilet, musala, kantin dan parkir.

Untuk Anda yang ingin mendaki Gunung Ciremai lewat Jalur Pendakian Palutungan, harus melakukan booking terlebih dahulu. Sebab, jalur ini memiliki kuota maksimal sebanyak 552 orang per hari.

Akses menuju ke lokasi juga sangat mudah, karena terdapat transportasi umum ke base camp, semua jurusan dan kereta api menuju Cirebon, lalu dilanjutkan kendaraan umum ke Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: