Ini Dia Penyebab Daun Janda Bolong Keriting, Ternyata Ini Penyebabnya dan Cara Merawatnya! Yuk Simak Disini

Ini Dia Penyebab Daun Janda Bolong Keriting, Ternyata Ini Penyebabnya dan Cara Merawatnya! Yuk Simak Disini

penyebab daun janda bolong keriting-shopee-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Bagi para pecinta tanaman hias pastinya sudah menyadari kekurangan dan kelebihan tanaman yang akan di tanam, termasuk janda bolong.

Janda bolong adalah salah satu tanaman hias yang sangat menarik bentuknya, salah satu daya tarik janda bolong adalah pada bentuk daun pada tanaman ini yang memiliki lubang di sekujur permukaan daunnya.

Daun pada janda bolong seringkali berubah bentuk mulai dari bewarna hijau kemudian berubah menjadi kuning dan ada juga yang berubah menjadi keriting.

Ternyata ada faktor faktor yang mempengaruhi penyebab daun janda bolong keriting dan bewarna kuning.

Salah satu faktornya adalah kurangnya air dan juga tingkatan suhu atau kelembapan yang rendah menjadi salah satu faktor utama.

Untuk karena itu kita perlu mengetahui cara merawat janda bolong agar tidak keriting.

Berikut Cara Meawat Tanaman Janda Bolong dengan Benar

1. Siram dengan Benar

Siramlah tanaman janda bolong kamu dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari dengan volume air secukupnya, yaitu hingga tanah terasa lembap. Hindari memberi air terlalu banyak atau menempatkannya di media tanam yang basah, karena ini rentan membuat akar menjadi busuk dan mati.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa tanaman janda bolong sangat senang air hujan. Ini karena di dalam air hujan terdapat nutrisi yang diperlukan janda bolong untuk menumbuhkan daun baru.

Jadi, cara merawat tanaman janda bolong selanjutnya adalah biarkan si janda bolong menyerap air hujan, tapi jangan sampai terlalu basah, ya.

2. Gunakan Air Cucian Beras

Salah satu cara merawat tanaman janda bolong yang efektif adalah menyiramnya dengan air cucian beras. Ini dikarenakan air cucian beras mengandung banyak nutrisi, khususnya vitamin B1 yang berguna merangsang
pertumbuhan vegetatifnya, seperti daun, tunas, ataupun cabang.

3. Taruh di Tempat terkena Sinar Matahari Yang Cukup

Layaknya tanaman hijau lainnya, janda bolong juga memerlukan sinar matahari untuk tumbuh subur. Tetapi, pastikan kamu tidak meletakkannya di bawah sinar matahari langsung.

Sebaiknya, letakkan tanaman janda bolong di dalam pot di dekat jendela yang terkena sinar matahari. Alternatifnya, kamu juga bisa letakkan tanaman ini di taman luar rumah, tetapi dengan atap atau jaring-jaring di atas tanaman.

Dua hal ini bisa menjadi cara merawat tanaman janda bolong yang cukup efektif, khususnya dalam memastikan tanaman mendapat sinar matahari yang cukup.

4. Jaga Suhu

Hal lainnya yang perlu kamu perhatikan ketika mencari cara merawat tanaman janda bolong adalah suhu di sekitar tanaman. Agar dapat tumbuh dengan optimal, janda bolong harus berada dalam kondisi suhu yang baik.

Di siang hari, janda bolong hanya dapat bertahan dalam suhu 23 sampai dengan 30 derajat celsius. Pada malam hari, tanaman ini sebaiknya berada dalam suhu ruangan, yaitu 15 derajat celsius.

5. Berikan Kebutuhan Nutrisi dan Vitamin

Cara merawat tanaman janda bolong berikutnya adalah memperhatikan kebutuhan nutrisinya. Pada saat baru ditanam, mulailah penuhi nutrisi dengan memupuk dengan pupuk kompos setelah 6 bulan ditanam.

Kamu juga bisa merawatnya dengan menggunakan pupuk cair. Tapi, jika kamu menggunakan pupuk cair, berilah pupuk paling tidak satu bulan sekali.

Sekian artikel mengenai penyebab daun janda bolong keriting, semoga dapat membantu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: