3 Satwa Kunci Gunung Ciremai, Salah Satunya Membawa Kabar Baik

3 Satwa Kunci Gunung Ciremai, Salah Satunya Membawa Kabar Baik

Elang jawa merupakan salah satu satwa kunci di Gunung Ciremai. -Dok KLHK-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Gunung Ciremai memiliki 3 spesies kunci yang sekaligus menjadi prioritas dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC). 

Ketiga spesies kunci tersebut dipantau secara intensif dan berusaha untuk terus dilindungi. Sehingga keberadaannya di alam liar tetap terjaga.

Bahkan berdasarkan mandat dari surat keputusan SK Menteri terkait penetapan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), salah satu tugas utamanya adalah meningkatkan keanekaragaman hayati di Gunung Ciremai. 

Berdasarkan mandat tersebut juga ditekankan bahwa Gunung Ciremai yang berada di wilayah Kabupaten Kuningan dan Majalengka memiliki satwa kunci 3 spesies, yang pertama kucing besar atau macan tutul jawa atau panthera pardus melas, surili dan elang jawa.

BACA JUGA:Macam Hitam Lereng Gunung Ciremai Terbunuh, di Lokasi Kaya Air, Dibangun Tugu Peringatan

Maman Surahman, Kepala BTNGC menjelaskan di tiga spesies ini harus terus dipantau. Upaya pemantauan itu, tidak mudah, karena perlu teknik dan metode.

Masyarakat juga diharapkan turut berkontribusi dengan tidak melakukan perburuan satwa mangsa. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan predator turun ke wilayah perkampungan untuk mencari makanan.

Sementara itu, Dwi Suryana, Koordinator Tim Macan Tutul Jawa Gunung Ciremai menjelaskan, untuk satwa kunci Macan Tutul, sudah melakukan inventarisasi dan perhitungan dengan metode tertentu. 

Ada kabat baik  dari upaya pemantauan yang dilakukan, karena indikasi penambahan satwa yang belum terdeteksi sebelumnya.

BACA JUGA:Ke Palutungan Kian Dekat, Lewat Jalan Baru Cipari - Cisantana, Sambil Lihat Gagahnya Gunung Ciremai

Yakni 2 macan tutul hasil pelepasliaran yakni Samet Ramadhan dan Rasi, 2 individu lama, dan 3 yang sedang dalam proses identifikasi.

Sebagai informasi, macan tutul jawa adalah salah satu subspesies dari macan tutul yang hanya ditemukan di hutan tropis, pegunungan dan kawasan konservasi Pulau Jawa, Indonesia.

Macan tutul jawa adalah satwa endemik Provinsi Jawa Barat. Macan tutul jawa merupakan satu-satunya kucing besar yang masih tersisa di Pulau Jawa.

Satea kunci Gunung Ciremai lainnya adalah surili, grup monyet dunia lama dan membuat genus Presbytis. Mereka hidup di bagian selatan semenanjung Malaya, di Sumatra, Borneo, Jawa, dan pulau kecil di sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: