Ingin Memelihara Kucing? Simak Yuk Tips dan Trik Memelihara Kucing Bagi Pemula

Ingin Memelihara Kucing? Simak Yuk Tips dan Trik Memelihara Kucing Bagi Pemula

memelihara kucing bagi pemula-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Ternyata memelihara kucing itu mudah dan simpel, ikuti tips dan trik memelihara kucing bagi pemula di artikel berikut ini.

Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, oleh karena itu hewan ini sering kali dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Kucing bisa dijadikan teman atau sahabat bagi manusia karena dengan sikap penurut dan juga sigap menjadikan hewan yang satu ini adalah salah satu hewan peliharan paling populer di dunia.

Dalam memelihara kucing ada hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum memeliharanya.

BACA JUGA:Apakah Kucing Boleh Makan Buah? Buah Apa yang Aman Dikonsumsi Kucing? Simak Disini!

Terutama bagi para pemula yang hendak memelihara kucing harus memperhatikan cara-cara dalam memelihara kucing.

Berikut Tips Memelihara Kucing Bagi Pemula

1.Sediakan Kebutuhan Air Minum

Kucing butuh asupan air yang cukup banyak untuk mencegah dehidrasi. Pastikan tempat minumnya mudah dijangkau dan terlihat oleh peliharaan kesayanganmu.

2.Beri Makanan Bernutrisi dan Vitamin

Cara memelihara kucing bagi pemula adalah memberikan makanan berkualitas dan bernutrisi.

Kucing membutuhkan taurin dan asam amino esensial untuk kesehatan jantung serta mata. Hewan lucu ini juga butuh daging berprotein tinggi untuk menguatkan jantung, penglihatan, dan sistem reproduksi.

Daging sapi yang dimasak, ayam, dan kalkun sangat cocok untuk kucing. Hindari daging mentah atau busuk agar kucing tidak sakit.

BACA JUGA:Pertanda Baik Kucing Liar Datang Ke Rumah Menurut Islam, Ladang Pahala dan Kebaikan!

3.Bersihkan Tempat Tidur Kucing

Cara merawat kucing bagi pemula dengan baik bisa dimulai dari memberikan tempat khusus untuk tidur dan beristirahat. Kamu bisa menyiapkan tempat yang nyaman, misalnya alas tidur dilapisi selimut agar kucing tetap hangat.

Secara rutin, cucilah tempat tidur kucing agar tidak ada kotoran dan bakteri yang bersarang. Kuman dan bakteri bisa menyebabkan kucing lebih rentan sakit.

4.Lakukan Vaksinasi

Biasanya, anak kucing mulai vaksinasi pada usia 6-8 minggu hingga 16 minggu. Setahun kemudian, ia harus mendapat booster. Kucing dewasa lebih jarang membutuhkan vaksinasi, biasanya hanya setiap tahun atau tiga tahun.

Sistem kekebalan hewan akan disiapkan untuk bereaksi terhadap infeksi mikroorganisme tersebut di masa depan

BACA JUGA:Pertanda Kucing Membawa Anaknya Ke Rumah, Benarkah Membawa Rezeki dan Keberuntungan?

5.Rutin Cek Up Kesehatan ke Dokter Hewan

Tips merawat kucing lainnya adalah rutin mengajaknya ke dokter hewan. Pemeriksaan rutin bisa membantumu mendeteksi penyakit berbahaya yang mungkin dialami kucing.

Kamu bisa melakukan vaksinasi, membersihkan gigi kucing, atau sterilisasi. Jika kucing mengalami gejala keracunan, diare, lemas, atau kondisi berbahaya lainnya, segera hubungi dokter hewan terdekat.

6.Pisahkan Kucing yang Sakit

Ada lebih dari satu kucing di rumah? Jangan lupa lakukan pemeriksaan rutin. Jika ada salah satu yang sakit, pisahkan dengan kucing sehat agar tidak tertular

Sekian artikel mengenai tips dan trik memelihara kucing bagi pemula, semoga artikel ini membantu para pembaca yang hendak memelihara anabul yang satu ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: