Brigjen Aan Suhanan, Putra Daerah Kuningan Kini Jadi Kakorlantas Polri

Brigjen Aan Suhanan, Putra Daerah Kuningan Kini Jadi Kakorlantas Polri

Brigjen Aan Suhanan, putra daerah Kabupaten Kuningan yang kini menjabat Kakorlantas Polri.-NTMC-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Tak banyak yang tahu kalau Brigjen Pol Aan Suhanan adalah putra daerah Kabupaten Kuningan yang kini menjadi pejabat Polri.

Brigjen Aan Suhanan baru saja dilantik menjadi Kepala Korps Lalu Lintas atau Korlantas Polri menggantikan Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Sosok pria kelahiran Kabupaten Kuningan, 31, Januari 1967 tersebut bakal memimpin Korlantas Polri setelah resmi dilantik Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pelantikan tersebut ditandai dengan Surat Karobinkar SSDM Polri nomor B/ND-500/XII/Kep/2023/Robinkar tanggal 12 Desember 2023.

BACA JUGA:Rekomendasi 8 Tempat Wisata Kuliner di Semarang, Menggoyang Lidah dengan Makanan Khas yang Menggoda!

Surat tersebut terkait dengan serah terima jabatan pejabat utama Mabes Polri dan para kapolda serta pelantikan Kakorlantas Polri.

Sebagai informasi, Brigjen Aan Suhanan pernah menempuh pendidikan di SDN Garawangi. Kemudian melanjutkan ke SMPN 1 Garawangi dan SMAN 1 Kuningan.

Setelah itu, masuk ke Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 B dan menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada tahun 1997.

Berbagaii jabatan strategis pernah diemban oleh Brigjen Aan Suhanan yakni, Perwira Pertama (Pama) Polresta Surakarta pada 1989. Kemudian, diangkat menjadi Kapolsek Sukaraja Res Banyumas pada 1991.

BACA JUGA:Surat Kabar Kaoem Moeda Jadi Rujukan Berdirinya Persib Bandung, Pernah Dipimpin Abdoel Moeis

Pada 1992, Aan pernah menjabat sebagai Kasatlantas Polres Banjarnegara. Jabatan tinggi lainnya juga sempat dipegangnya, mulai Kasatlantas Polresta Pontianak pada 2001, Wakapolres Metro Tangerang Kota pada 2004. 

Kapolres Pekalongan pada tahun 2007, Kapolres Sukoharjo pada tahun 2008. Setelah itu, Brigjen Aan Suhanan pindah tugas menjadi Wakapolres Metro Jakarta Barat pada tahun 2009.

Jabatan lain yang pernah diemban adalah Dirsabhara Polda Kalimantan Tengah pada tahun 2011. Kabagren Waketbidminwa STIK Lemdiklat Polri tahun 2013, Analis Kebijakan Madya STIK Lemdikpol 2014.

Setahun berselang kemudian menjabat Dirpamobvit Polda Metro Jaya, kemudian di tahun 2016 jenderal asal Kabupaten Kuningan ini menjadi Irbid Itwil I Itwasum Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: