Efek Samping Daun Talas Bisa Memicu Keracunan? Begini Cara Mengolah yang Tepat Agar Bermanfaat Untuk Kesehatan

Efek Samping Daun Talas Bisa Memicu Keracunan? Begini Cara Mengolah yang Tepat Agar Bermanfaat Untuk Kesehatan

Efek Samping dan Cara Mengolah Daun Talas Agar Bermanfaat Untuk Kesehatan-detikFood - detikHealth-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COMDaun talas merupakan daun dari jenis umbi-umbian yaitu talas, yang bisa diolah dan dikonsumsi.

Daun talas memang sudah cukup populer di Indonesia, dan umumnya diolah menjadi olahan makana yang unik. Mulai dari tumis, buntil, hingga berkuah santan.

Mengonsumsi daun talas juga ternyata memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Diantaranya mengoptimalkan kesehatan jantung, mencegah dan mengatasi sembelit, meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati anemia , dan lain sebagainya.

Namun, untuk mendapatkan manfaat dari daun talas ini perlu diperhatikan dalam pengolahannya. Hindari mengonsumsi daun talas yang masih mentah

Hal ini karena daun talas yang masih mentah memiliki kandungan oksalat yang sangat tinggi, sehingga bisa memberi efek samping yang memicu keracunan.

BACA JUGA:Selain Bisa Diolah Jadi Menu Masakan yang Lezat, Inilah 5 Manfaat Daun Talas yang Baik Untuk Kesehatan

Selain itu, kandungan oksalat juga dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal serta harus dihindari oleh penderita penyakit ginjal.

Dalam beberapa kasus, daun talas juga bisa menyebabkan rasa gatal, sehingga disarankan untuk mengenakan sarung tangan saat memasak daun talas.

Kamu bisa memasak daun talas hingga matang atau lunak agar kandungan oksalat nya rendah atau hilang sehingga aman dikonsumsi dan bisa mendapatkan manfaatnya.

Cara Mengolah Daun Talas

Cara terbaik untuk menonaktifkan kandungan oksalat dalam daunt alas adalah dengan memasaknya. Rebus daun selama beberapa menit hingga lunak. Proses ini tidak memakan waktu yang lama, cukup beberapa menit.

BACA JUGA:5 Tips Merawat Tanaman Janda Bolong Saat Musim Hujan Agar Tanaman Tumbuh Subur dan Tidak Mati

Cara lain untuk menghilangkan kandungan oksalat adalah dengan merendamnya di dalam air sekitar 30 menit atau membiarkannya semalaman. 

Berdasarkan penelitian, semakin lama merebus dan merendam daun talas, maka semakin banyak oksalat yang dihilangkan. Serta merebus dinilai lebih efektif daripada merendam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: