Asyik! Tanggal 25 Desember 2023 Bukit Kembar Jalintim Kuningan Sudah Bisa Dilewati

Asyik! Tanggal 25 Desember 2023 Bukit Kembar Jalintim Kuningan Sudah Bisa Dilewati

Akses ke bukit kembar Jalintim Kuningan akan kembali dibuka pada 25 Desember 2023.-Agus Sugiharto-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Setelah 3 bulan lamanya akses Jalan Lingkar Timur atau Jalintim Kuningan ditutup sebagian, mulai tanggal 25 Desember 2023, bakal kembali dibuka.

Proses pemangkasan kemiringan bukit kembar jalan baru diperkirakan sudah dapat diselesaikan dan akses jalan mulai dari Garatengah pun dapat dilintasi kendaraan.

Setelah selama kurang lebih 3 bulan bukit kembar di Jalintim Kabupaten Kuningan dilakukan pemangkasan dan akses terpaksa harus ditutup sebagian. 

Pemangkasan ini dilakukan demi keamanan pengguna jalan, karena sebelumnya posisi bukit terlalu curam. Kemiringan tebing nyaris 90 derajat dan dikhawatirkan terjadi longsor.

BACA JUGA:BEST VIEW, Daftar Rekomendasi Wisata di Kuningan Adem dan Sejuk yang Cocok Banget Buat Healing!

Pasca dilakukan pengupasan, kini kemiringan tebing menjadi lebih landai dan dibuat menjadi beberapa undakan.

Dengan teknik tersebut diharapkan bukit kembar tidak mudah mengalami longsoran terutama di musim penghujan. 

Selama kurang lebih 3 bulan, penutupan ruas jalan tersebut dilakukan oleh rekanan karena ada pengerjaan pemapasan dua bukit yang berada di sisi kiri dan kanan badan jalan.

Rencananya, tanggal 25 Desember 2023, ruas jalan ini akan dibuka untuk umum. Sebab, proses pengerjaannya dipastikan rampung pada tanggal tersebut.

BACA JUGA:Jadi Pusat Perhatian saat Peresmian Sumur Bor, Iwan Bule: Keluarga Besar Saya di Desa Sagarahiang, Kuningan

Saat ini, puluhan dump truk dikerahkan untuk membuang material tanah bekas pemapasan bukit.

Kepastian jalan lingkar timur dibuka tanggal 25 Desember 2023 dipaparkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan, I Putu Bagiasna.

Mantan Kepala DPKPP Kuningan itu sudah menghubungi Korlap Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah IV, Ketur Tri Handoyono.

"Barusan saya telepon Pak Ketut (Korlap BBPJN Wilayah IV) untuk menanyakan kesiapan pembukaan jalan lingkar timur. Pak Ketut bilang bahwa ruas jalan ini sudah bisa dibuka untuk masyarakat tanggal 25 Desember mendatang. Sekarang masih proses pengangkutan material tanah bekas pemapasan bukit," papar I Putu Bagiasna kepada radarkuningan.com, Kamis 21 Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: