Langka dan Mahal, Ini Dia Ras Kucing Asli Indonesia Yang Mendunia

Langka dan Mahal, Ini Dia Ras Kucing Asli Indonesia Yang Mendunia

kucing ras asli indonesia-youtube-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Banyak orang yang mengetahui bahwa ras kucing seperti persia, british shotrhair,kucing hidung pesek dll adalah salah satu ras kucing yang mahal dan juga jarang dimiliki.

Namun jangan salah ternyata ras kucing asli Indonesia juga memiliki jenis kucing yang langka dan juga mahal lho.

Jenis kucing ini jarang di temukan dan juga beberapa dari jenis kucing ini di lindungi pemerintah karena faktor kepunahan.

Apa saja daftar kucing ras yang asli berasal dari Indonesia ini?

BACA JUGA:6 Merk Makanan Kucing Murah di Indomaret, Buat Anabul Gemuk Subur dan Sehat

Berikut Daftar Ras Kucing Asli Indonesia

1.Kucing Emas

Saat ini Kucing Emas hidup di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Penampilan kucing ini cukup mudah dikenali mengingat hampir seluruh tubuhnya berwarna cokelat keemasan.

Namun, ada juga yang berwarna abu-abu atau cokelat gelap. Rata-rata berat kucing emas dewasa sekitar 8-12 kg, dengan panjang tubuh mencapai 1,2 meter, lebih panjang dari ukuran kucing pada umumnya.

Umumnya kucing emas hidup di ketinggian dan menempati kawasan padang rumput atau kebun.

Untuk makanan, kucing dengan nama latin Catopuma temminckii ini biasanya memburu hewan-hewan kecil seperti tupai, reptil, burung, kelinci, dan ular kecil.

Keberadaan kucing emas juga rentan diburu sebab beberapa orang menganggap dagingnya lezat dan tulangnya digunakan untuk pengobatan.

Kulit kucing ini juga diperdagangkan secara ilegal dalam pasar gelap. Saat ini, kucing emas terancam punah akibat alih fungsi lahan, hilangnya habitat, dan perburuan.

BACA JUGA:5 Merk Makanan Kucing Murah 20 Ribuan Yang Bisa Kamu Beli di Minimarket,Buat Kucing Sehat dan Penuh Nutrisi

2.Kucing Congkok

Kucing congkok juga dikenal dengan nama kuwuk ini juga ditemukan keberadaannya di Sumatra. Ukuran kucing kuwuk mirip dengan kucing domestik, tetapi tubuhnya lebih ramping dan kakinya lebih panjang.

Penampilan kucing congkok mirip dengan anak macan karena motifnya yang serupa. Namun, kucing congkok dan macan berasal dari dua genus berbeda.
ad

kucing congkok pun merupakan hewan dilindungi dan populasinya menjelang kepunahan. Mereka biasanya hidup di hutan tropis, semak-semak, hutan pinus, tempat bersalju tipis, semi gurun, dan wilayah pertanian.

Kucing ini bisa bertahan hidup hingga ketinggian.

BACA JUGA:Rekomendasi Makanan Kucing Murah Yang Paling di Sukai Anabul

3.Kucing Busok

Kucing asal Madura, Jawa Timur ini memiliki tampilan unik dan menawan mirip leopard kecil. Meskipun memiliki penampilan yang liar, kucing busok tergolong sebagai kucing domestik yang bisa dipelihara di rumah.

Kucing busok memiliki tubuh yang lebih besar dibanding kucing domestik atau kucing kampung. Mengutip The Discerning Cat, kucing busok memiliki tinggi sekitar 60 cm dan berat sekitar 6,8 kg. Ras kucing busok bisa hidup antara 12 hingga 15 tahun.

Sama seperti jenis kucing lainnya, usia kucing busok bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari lingkungan, kesehatan, dan pola makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: