Inilah Efek Samping Mengonsumsi Daun Talas, Pengolahan yang Tidak Tepat Dapat Meningkatkan Risiko Batu Ginjal

Inilah Efek Samping Mengonsumsi Daun Talas, Pengolahan yang Tidak Tepat Dapat Meningkatkan Risiko Batu Ginjal

Efek samping daun talas bila tidak diolah dengan benar. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Daun talas merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi didalamnya. 

Rasa daun talas sendiri  mirip dengan bayam, tetapi butuh waktu lebih lama untuk matang pada saat memasaknya. 

Melansir dari berbagai sumber,  dalam 145 gram daun talas, ada beberapa kandungan nutrisi di dalamnya, seperti 3 gram serat, 6 gram karbohidrat, 4 gram protein, dan kurang dari 1 gram lemak.

Nutrisi lainnya seperti vitamin A, C, folat, dan mineral juga terkandung dalam daun talas. Contohnya, fosfor, zat besi, magnesium, kalsium dan potasium. 

BACA JUGA:Bagus Untuk Mata dan Jantung? Ini 4 Manfaat Kesehatan Daun Talas yang Jarang Diketahui!

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada daun talas, membuat daun pada tanaman ini mempunyai  banyak manfaat untuk kesehatan.

Meskipun daun talas ini bermanfaat untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi secara langsung atau tidak diolah dengan tepat maka bisa menyebabkan beberapa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. 

Berikut ini dua efek samping pada daun talas yaitu :

1. Menimbulkan Gatal

Terkena getah yang ada dibagian daun talas ternyata  bisa menyebabkan  efek gatal-gatal pada kulit. Hal tersebut dikarenakan getah pada daun talas mempunyai kandungan asam oksalat yang tinggi.

Asam oksalat sendiri adalah senyawa organik alami yang ada di seluruh tubuh mahluk hidup. Asam oksalat dapat membentuk kristal-kristal padat pada saat menempel pada bagian kulit, mulut dan tenggorokan yang bisa menyebabkan gatal.

BACA JUGA:Efek Samping Daun Talas Bisa Memicu Keracunan? Begini Cara Mengolah yang Tepat Agar Bermanfaat Untuk Kesehatan

2. Meningkatkan risiko batu ginjal

Pastikan daun talas telah matang sempurna sebelum dikonsumsi. Anda tidak boleh  mengonsumsi daun talas dalam kondisi mentah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: