Apakah Janda Bolong Bisa untuk Ecoprint? Inilah Beberapa Daun yang Bisa Dijadikan Motif Ecoprinting

Apakah Janda Bolong Bisa untuk Ecoprint? Inilah Beberapa Daun yang Bisa Dijadikan Motif Ecoprinting

Apakah Janda Bolong Bisa untuk Ecoprint? Inilah Beberapa Daun yang Bisa Dijadikan Motif Ecoprinting-YouTube-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Sebuah teknik cetak yang menggunakan bahan alami, seperti daun untuk menghasilkan motif yang indah.

Dari sekian banyaknya bentuk daun yang unik untuk bahan ecoprinting, apakah janda bolong bisa untuk ecoprint

Janda bolong atau tanaman monstera adansonii ini merupakan sebuah tanaman hias yang terkenal di kalangan pecinta botanika.

Selain memiliki bentuk daun yang unik, yaitu pada tengah daunnya berlubang, tanaman hias satu ini juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan.

BACA JUGA:Kenali 5 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan di Dalam Rumah, Sudah punya?

Jadi, selain dapat menambah nilai aestethic pada rumah kalian sebagai dekorasi atau pajangan rumah, tanaman hias janda bolong juga dapat meningkatkan kualitas udara di dalam rumah kalian.

Nah, selain itu juga ternyata daun janda bolong yang unik ini bisa digunakan untuk ecoprint.

Jadi, apakah janda bolong bisa untuk ecoprint? Jawabannya adalah iya, dengan bentuk yang menarik dan indah dari daun janda bolong tentunya akan menghasilkan motif yang otentik.

Apa Itu Ecoprinting?

Untuk kalian yang belum tahu, ecoprinting adalah sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik.

BACA JUGA:Jangan Tanaman Di Area Rumah! 3 Tanaman Hias Memberikan Energi Negatif Menurut Feng Shui

Dengan melalui kontak langsung antara daun, batang, bunga, ataupun bagian tubuh tumbuhan lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu.

Ada dua metode untuk membuat ecoprint: Iron Blanket dan Pounding. Langkah pertama dalam metode Iron Blanket adalah pembersihan kain dari kotoran. 

Mencuci pakaian adalah proses mordanting yang sama. Setelah itu, merendam dedaunan dalam larutan cuka untuk memaksimalkan jumlah zat pewarna yang ada pada dedaunan. 

Setelah pewarna selesai, bersihkan kain dan tempelkan dedaunan yang sudah direndam dalam larutan cuka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: