Kenapa Daun Sirih Gading Menghitam? Ternyata Ini 4 Alasannya!

Kenapa Daun Sirih Gading Menghitam? Ternyata Ini 4 Alasannya!

Kenapa Daun Sirih Gading Menghitam? Ternyata Ini 4 Alasannya!-Houseplant Authority-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Tanaman hias yang populer dan banyak dipelihara ini ternyata memiliki beberapa masalah yang perlu kalian perhatikan.

Meskipun tanaman sirih gading ini terkenal karena mudah dirawat dan bisa hidup di berbagai media tanam, tapi perawatan yang salah dapat menyebabkan masalah loh, contohnya daun sirih gading menghitam.

Sirih gading atau pothos (epipremnum aureum) ini terkenal memiliki daun yang warnanya hijau indah dan cocok dijadikan tanaman hias.

Tapi dengan perawatan yang salah dan juga tidak tepat, kalian bisa mengacaukan tanaman hias yang indah ini, bisa jadi daun menjadi menguning atau juga bisa menghitam.

BACA JUGA:Selain Menjadi Dekorasi Rumah Terdapat 10 Manfaat Kesehatan Menanam Tanaman Di Rumah

Nah, dan pada artikel ini kita akan mencari tahu penyebab dari daun sirih gading menghitam dan cara mengatasinya.

Kenapa daun sirih gading Menghitam?

Untuk kalian yang memelihara tanaman pothos di rumah dan tiba-tiba daunnya menghitam, ternyata penyebabnya adalah berikut ini, seperti yang dilansir dari laman Today’s Gardener.

1. Pemupukan yang salah

Daun sirih gading akan menghitam jika Anda memberi pupuk dengan cara yang salah. 

Sirih gading membutuhkan nutrisi seperti tanaman lain untuk bertahan hidup, tetapi memberi pupuk terlalu banyak akan merusak tanaman, menyebabkan daun menghitam.  Pupuk sirih gading tidak perlu diberikan setiap dua hingga tiga bulan.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dalam Kelebihan Tanaman Hias Sirih Gading, Banyak Manfaat Serta Keberuntungan!

Terlalu banyak pemupukan dapat menyebabkan pertumbuhan menurun dan tanaman menjadi rapuh dan rentan terhadap penyakit dan hama. 

Pada akhirnya, tanaman juga dapat mati karena pemupukan berlebihan. Tanda-tanda pemupukan berlebihan termasuk pertumbuhan terhambat, tepi daun kering atau gosong, layu, roboh, atau tanaman mati. 

Pupuk, yang mengandung banyak berbagai garam, dapat menghilangkan kelembaban dari akar melalui proses yang disebut osmosis balik.

Jika konsentrasi garam di tanah lebih besar daripada yang ada di tanaman, osmosis balik akan terjadi, dan tanaman akan berisiko mengalami luka bakar kimiawi dan dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: