13 Wilayah di Majalengka Ikut Merasakan Getaran Gempa Sumedang, Warga Langsung Kaget

13 Wilayah di Majalengka Ikut Merasakan Getaran Gempa Sumedang, Warga Langsung Kaget

Gempa bumi di Kabupaten Sumedang turut dirasakan di Kabupaten Majalengka. -BMKG-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Gempa susulan di Kabupaten Sumedang kembali terjadi. Menurut catatan BMKG, ini adalah kali ke 6 Gempa bumi mengguncang kota tahu, Senin 1 Januari 2024.

Gempa Sumedang yang terjadi di malam hari tersebut dilaporkan turut dirasakan masyarakat di 13 daerah di Kabupaten Majalengka.

Berdasarkan respons atas pertanyaan BPBD Kabupaten Majalengka, disebutkan bahwa ada belasan daerah yang merasakan guncangan gempa bumi tektonik kerak dangkal itu.

Rangkaian gempa tektonik ini, ditengarai posisi patahan atau sesar yang masih terus bergerak dan belum mencapai titik stabil.

BACA JUGA:Gempa Susulan di Sumedang, Dirasakan sampai Cirebon, Garut dan Subang

Berdasarkan laporan masyarakat kepada BPBD Majalengka, disebutkan bahwa wilayah yang turut merasakan gempa bumi adalah Margajaya, Lemahsugih, Cikeusik, Sukahaji, Gununglarang, Bantarujeg, Jatimulya, Kasokandel, Kertajati, Kadipaten, Cikijing, Ligung, Jatitujuh. 

Tidak hanya itu, gempa susulan juga turut dirasakan masyarakat di sekitar Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon. Kemudian Kabupaten Sumedang dan Garut.

Sejauh ini, ditengarai gempa Sumedang dipicu oleh pergerakan sesar atau patahan aktif lokal yang belum terpetakan selama ini. 

Terbaru, gempa bumi tektonik kerak dangkal tersebut memiliki kekuatan magnitudo 4,5 atau salah satu yang terkuat pasca gempa pertama yang terjadi pada Minggu, 31 Desember 2023.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Terjadi Gempa Susulan di Sumedang, Kekuatan 4,5 Magnitudo

Untuk kejadian gempa susulan ini, episenter berada pada titik koordinat 6,82 Lintang Selatanan - 107,92 Bujur Timur atau tepatnya 4 kilometer di sebelah Utara Kabupaten Sumedang.

Adapun kedalaman atau hiposenter ada pada 10 kilometer atau termasuk dalam kategori gempa bumi tektonik kerak dangkal.

Sejauh ini, belum ada informasi lebih lanjut pasca gempa Sumedang susulan tersebut. Termasuk terkait dengan dampak pada kerusakan bangunan maupun warga yang terluka.

Kembali ke informasi BMKG, gempa Sumedang susulan turut dirasakan di Rancakalong, Jatinangor, Bandung dengan Ska III MMI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: