Mengenal Sesar Tampomas yang Diduga Penyebab Gempa Sumedang, Dekat Tol Cisumdawu

Mengenal Sesar Tampomas yang Diduga Penyebab Gempa Sumedang, Dekat Tol Cisumdawu

Mengenal Sesar Tampomas yang diduga menjadi penyebab gempa Sumedang.-Sumber Foto The Ekliptika Institute - Google Maps - Diolah: Yuda Sanjaya-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Gempa Sumedang diduga berasal dari pergerakan patahan atau Sesar Tampomas yang berada di dekat Jalan Tol Cisumdawu ke arah Conggeang.

Keberadaan Sesar Tampomas ini, membuat Kabupaten Sumedang dikelilingi oleh sejumlah patahan aktif.

Sejauh ini, diketahui ada Sesar Segmen Cipunagara, Sesar Baribis Kendeng hingga Segmen Tampomas dan terbaru yakni Sesar Tampomas.

Sumber atau penyebab gempa bumi di Sumedang sendiri, sebenarnya belum diketahui. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut berasal dari sesar aktif yang belum terpetakan.

BACA JUGA:6 Cara Merawat Tanaman Sirih Gading Gantung Agar Tidak Cepat Mati

Namun The Ekliptika Institute yang berfokus pada astronomi, kebumian, kebencanaan menduga gempa bumi di Kabupaten Sumedang bersumber dari sesar Tampomas.

"Gempa Sumedang, sesar Tampomas?" tulis The Ekliptika Institute dalam utas di platform X yang dikutip radarkuningan.com, Rabu, 2, Januari 2024.

Menurut dia, rentetan gempa bumi tektonik kerak dangkal di Kabupaten Sumedang diduga bersumber dari sesar Tampomas.

The Ekliptika sampai pada hipotesa itu dengan memperhatikan plotting posisi episenter gempa yang terjadi 6 kali tersebut sampai 1 Januari 2024.

BACA JUGA:Buat Ruang Tamu Menjadi Lebih Adem dan Sejuk, Yuk Intip Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Ruang Tamu di Rumahmu

Dijelaskan dia, Sesar Tampomas adalah patahan aktif dengan panjang kurang lebih 8 kilometer. Sesar ini memiliki komponen pergerakan menurun, tetapi kecepatannya belum diketahui.

Tetapi posisi sesar ini ternyata membelah Gunung Tampomas, sebuah gunung api aktif yang dormant atau tidur.

"Sumber gempa Sumedang ada di ujung selatan dari sesar ini," jelas The Ekliptika Institute.

Bila sumber gempa berada di ujung selatan, ternyata ujung utara dari sesar ini beradar dekat dengan Sesar Baribis - Kendeng yang legendaris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: