Biaya Sterilisasi Kucing, Jantan dan Betina Beda Loh

Biaya Sterilisasi Kucing, Jantan dan Betina Beda Loh

Biaya sterilisasi kucing jantan dan betina berbeda. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Bagi para pemilik kucing, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga populasi hewan peliharaan adalah metode sterilisasi.

Program steril kucing ini biasanya dilakukan ketika hewan tersebut menginjak usia sekitar tujuh bulan. 

Biaya steril kucing menjadi salah satu informasi populer yang kerap dicari oleh para pecinta kucing terutama yang tidak ingin anabul memiliki keturunan.

Selain itu, ada juga beberapa orang yang dengan sengaja bikin kucing steril agar anabul tidak merasakan birahi saat musim kawin kucing.

BACA JUGA:Auto Hempas! Inilah 5 Rekomendasi Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk

Sterilisasi bisa dikatakan sebagai metode pengangkatan organ reproduksi pada kucing, baik itu kucing betina maupun kucing jantan. Sebenarnya, istilah steril ini lebih cocok digunakan untuk kucing berjenis kelamin betina. Sementara, untuk kucing berjenis kelamin jantan, orang lebih mengenalnya dengan istilah kebiri.

Metode steril kucing ini biasanya dilakukan oleh dokter hewan yang sudah terlatih atau berpengalaman.

Sebelum kucing disterilkan, hewan tersebut akan dibius terlebih dahulu sehingga tidak akan merasakan sakit. Setelah proses sterilisasi selesai, biasanya kucing tidak sadarkan diri dan perlu melakukan recovery agar bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

sterilisasi bakal membuat kucing Anda betah di dalam rumah, maka berkembang mitos bahwa metode ini bisa membuat kucing menjadi obesitas.

BACA JUGA:Hasil Survei LSI, Prabowo - Gibran Masih Unggul di Jawa Timur, Kemungkinan Pilpres 2 Putaran

Fakta di lapangan, bukan sterilisasi yang membuat kucing obesitas, melainkan pola hidup si kucing yang hanya makan dan tidur. Untuk mencegah hal ini, pemilik disarankan mengatur pola makan dan aktivitas kucing, dengan mengajak mereka bermain agar pasokan makanan bisa seimbang dengan energi yang dikeluarkan.

Harga Steril Kucing 

Dalam melakukan operasi steril pada kucing memang harga sangat bervariasi tergantung jenis kucing tersebut.

Namun, biasanya ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan disaat melakukan steril. Berikut ini, harga steril kucing yang wajib diketahui oleh pecinta hewan, yaitu:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: