Inilah Ragam Penghuni Gunung Ciremai, dari Macan Tutul hingga Kumbang Pendeteksi Bangkai Manusia

Inilah Ragam Penghuni Gunung Ciremai, dari Macan Tutul hingga Kumbang Pendeteksi Bangkai Manusia

Gunung Ciremai dikenal dengan kekayaan keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna. -Istimewa-radarkuningan.com

Di antara spesies ini yang ada di Gunung Ciremai adakah Kumbang Sungut Panjang. Sekitar 38 jenis di habitatnya dapat berfungsi sebagai Indikator Perubahan Lingkungan.

Larvanya diketahui sebagai pengebor kayu (cabang ranting) mati atau kering. Beberapa   jenis lain diketahui sebagai pengebor kayu hidup.

BACA JUGA:Ikan yang Cocok untuk Makanan Kucing Ras, Murah Meriah Loh

Berbagai jenis Kumbang Cerambycidae hanya dapat ditemukan di hutan. Beberapa jenis lain dapat ditemukan di kawasan terbuka atau terdegradasi.

Sehingga, struktur komunitas Kumbang Cerambycidae di setiap tipe habitat adalah khas dan merupakan kelompok penting yang dapat dipakai sebagai indikator.

Kemudian Kumbang Bangkai. Karena prilakunya sebagai pemakan bangkai termasuk mayat manusia. Kumbang ini penting dalam ilmu "Entomologi Forensik" untuk menduga umur mayat karena tindak kriminal.

Di TNGC baru ditemukan 1 jenis Kumbang Silphidae dan satu jenis Kumbang Staphylinidae, yang terdapat pada bangkai rusa.

BACA JUGA:Inilah 7 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan di Teras Rumah Menurut Fengshui, Dapat Menyerap Energi Negatif!

Ada lagi Kupu-kupu. Ada sekitar 66 jenis yang dapat berfungsi sebagai penyerbuk, indikator perubahan lingkungan. 

Kupu-kupu berguna untuk menduga derajad kerusakan dan pemulihan dari fauna serangga hutan. Sebab, kupu-kupu relatif mudah diidentifikasi. 

Juga menunjukan preferensi habitat yang tinggi dari daerah yang terbuka dengan panas matahari yang kuat. Seperti padang alang-alang sampai daerah yang gelap, teduh, atau terlindung seperti di kawasan hutan primer tua atau rimba.

3. Moluska Darat

Di Gunung Ciremai ada biodiversitas sekitar 48 spesies. Sebanyak 32 di Argamukti Majalengka dan 28 di Linggajati, Kuningan. Biodiversitas berfungsi sebagai pendaurulang, dan penyedia pakan bagi binatang lain.

BACA JUGA:Biaya Sterilisasi Kucing, Jantan dan Betina Beda Loh

Moluska darat banyak ditemukan di tempat yang lembab dan basah. Terutama di bawah serasah yang membentuk kubah pelindung yang penahan suhu dingin dari luar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: