Kenali Penyakit Kucing Scabies dan Cara Mengatasinya, Awas Bisa Menular kepada Manusia

Kenali Penyakit Kucing Scabies dan Cara Mengatasinya, Awas Bisa Menular kepada Manusia

Cara mengatasi penyakit scabies pada kucing yang bisa menular.-Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Mengenal penyakit kucing scabies, gejala dan cara mengatasinya. Sebab, jenis penyakit ini sangat mudah menular pada hewan peliharaan.

Cat Lovers mungkin sudah pernah mendengar tentang scabies pada kucing. Penyakit ini memang lebih banyak diderita oleh anjing, tetapi kucing juga bisa terkena scabies, lho.

Nah, untuk mengetahui tanda-tanda kucing terkena scabies dan cara mengobatinya, simak infomasi berikut!

Scabies atau kudis adalah penyakit kulit menular yang bisa dialami oleh manusia dan juga hewan, termasuk hewan berbulu seperti kucing.

BACA JUGA:5 Nama Kucing Kampung Oren Dengan Keunikan dan Artinya, Menjadi Rekomendasi Sebagai Julukan yang Cocok!

Scabies pada kucing disebabkan oleh infeksi tungau Sarcoptes scabei dan Notoedres cati. Pada kucing, penyakit ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal-gatal, iritiasi kulit, bahkan kulit berkerak.

Seekor kucing dapat tertular scabies akibat kontak fisik dengan hewan berbulu lain yang terkena scabies, atau kontak dengan barang-barang yang terdapat tungau Sarcoptes scabei dan Notoedres cati.

Scabies kucing umumnya lebih banyak menular pada sesama kucing. Namun, terkadang scabies dari kucing juga bisa menular pada manusia. Penularan ini biasanya juga bisa disebabkan oleh kutu atau tungau dari kucing.

Gejala Scabies pada Kucing

Gejala awal scabies pada kucing kerap kali tidak disadari oleh pemiliknya. Maka dari itu, penting sekali bagi para pemilik kucing untuk mengetahui apa saja gejala yang bisa timbul saat hewan kesayangannya menderita scabies.

BACA JUGA:Inilah 96 Nama Kucing Kampung yang Bagus, Menjadi Rekomendasi Untuk Anda!

Berikut adalah beberapa gejala scabies pada kucing yang penting untuk dikenali:

  • Sering menggaruk, menggigit, atau menjilat tubuh
  • Bulu rontok atau pitak
  • Kulit iritasi dan kemerahan
  • Kulit berkerak atau berkerut, terutama pada area telinga
  • Terdapat luka atau koreng pada kulit

Biasanya gejala scabies awalnya muncul pada telinga atau area wajah kucing. Bila tidak segera ditangani, scabies bisa menyebar ke seluruh tubuhnya.

Jika kamu memiliki lebih dari 1 binatang berbulu di rumah, misalnya anjing atau kucing, scabies bisa dengan mudah menular dari kucing yang terinfeksi ke hewan peliharaan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: