3 Alasan Kenapa Kucing Perlu Sterilisasi, Ternyata Bisa Mencegah Penyakit

3 Alasan Kenapa Kucing Perlu Sterilisasi, Ternyata Bisa Mencegah Penyakit

3 Alasan Kenapa Kucing Perlu Sterilisasi -Faunafella-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Bagi pemilik kucing, mungkin tidak asing lagi dengan istilah sterilisasi.

Sterilisasi  merupakan suatu prosedur yang dilakukan agar kucing jantan dan kucing betina tidak dapat bereproduksi lagi. Atau dalam istilah lain dimandulkan.

Sterilisasi pada kucing jantan, dilakukan dengan cara pengangkatan testis yang merupakan sumber utama testosteron, sehingga kadar hormon ini berkurang setelah operasi.

Sedangkan sterilisasi pada kucing betina, dengan cara pengangkatan ovarium dan rahim, sehingga tidak bisa hamil lagi.

BACA JUGA:Mengandung 9 Minggu, Inilah 6 Panduan Menolong Kucing Melahirkan Sendiri di Rumah

Tujuan dari sterilisasi kucing ini untuk menekan overpopulasi pada kucing. Hal ini karena kucing betina cepat berkembang biak. Seperti kita tahu, sekali kucing betina melahirkan bisa sekaligus 10 anak kucing. Inilah tujuan dari sterilisasi agar tidak banyak kucing yang terlantar di jalanan, tidak terurus dan tidak terawat.

Dengan begitu, proses sterilisasi kucing ini memiliki manfaat diantaranya mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, mengendalikan pola perilaku kucing, serta mencegah terjadinya penyakit

Jadi sterilisasi kucing ini bukan hanya bermanfaat terhadap lingkungan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan kucing itu sendiri. Berikut ini beberapa manfaat sterilisasi kucing betina yang dilansir dari laman Halodoc.com.

1. Menurunkan Risiko Tumor

Sterilisasi pada kucing betina juga bisa menurunkan risiko tumor kelenjar susu. Penyakit ini tidak boleh disepelekan, sebab tak sedikit kucing betina yang mati karena penyakit ini. 

BACA JUGA:Tanpa Steril! Ini 3 Cara Mencegah Kucing Agar TIdak Hamil

Sterilisasi juga bisa menurunkan risiko tumor ganas di ovarium dan rahim.

2. Mencegah Infeksi 

Sterilisasi pada kucing juga dapat menurunkan risiko pyonetra. Penyakit ini terjadi karena ada infeksi serius yang berkembang di rahim kucing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: