Macam-macam Penyakit Kucing dan Ciri-cirinya yang Harus Diketahui Pemilik Hewan Peliharaan

Macam-macam Penyakit Kucing dan Ciri-cirinya yang Harus Diketahui Pemilik Hewan Peliharaan

Beberapa jenis penyakit kucing yang bisa timbul karena virus atau bakteri. -Foto via Rescue Disinfectant-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Melihara seekor kucing tidak gampang. Zelain memperhatikan makanan pemilik hewan peliharaan juga harus memperhatikan perawatan anabul agar tetap terjaga sehat dan tidak mudah sakit.

Namun, ada kalanya penyakit datang, terutama yang bersumber dari virus, bakteri hingga kutu. Sehingga menimbulkan masalah kesehatan.

Oleh karena itu, pemilik hewan peliharaan juga wajib mengetahui ciri kucing terkena penyakit. Sehingga bisa melakukan pengobatan atau perawatan dini.

Pengetahuan ini penting untuk mencegah kondisi lebih parah dan penanganan dilakukan seawal mungkin. Sebab, beberapa jenis penyakit bisa mengancam dengan serius.

BACA JUGA:BMKG Temukan Sesar Baru Penyebab Gempa, Belum Pernah Terpetakan

Beberapa jenis penyakit ini, berlaku untuk kucing ras maupun kucing kampung. Meski kucing kampung punya tingkat ketahanan lebih tinggi.

Terutama pada jenis penyakit yang diakibatkan oleh bakteri maupun virus karena ketahanan tubuhnya lebih terlatih.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang kerap diderita pada hewan peliharaan khususnya kucing:

1. Kutu Kucing

Kutu kucing ini merupakan kutu parasit yang menghisap darah kucing. Kutu bersarang banyak di kepala kucing bisa menyebabkan gatal dan berujung sering menggaruknya.

BACA JUGA:Setidaknya 8 Nama Kuda yang Melegenda, 3 dari Jawa Barat, Ada Si Wulung, Si Windu dan Kuda Kosong

Cara mengetahui kucing terkena kutu kucing dilihat dari bulu nya karena akan terlihat telur dan kutu dengan jelas.

Penyakit kutu ini, tidak hanya berdampak pada kucing. Tetapi juga bisa berpengaruh pada manusia. Sehingga penting untuk segera dilakukan penanganan.

2. Cacingan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: