Bagaimana Cara Mencegah Kucing Agar Tidak Hamil? Para Pemilik Kucing Betina Wajib Tahu!

Bagaimana Cara Mencegah Kucing Agar Tidak Hamil? Para Pemilik Kucing Betina Wajib Tahu!

bagaimana cara mencegah kucing agar tidak hamil-istockphoto-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM-  Bagaimana cara mencegah kucing agar tidak hamil adalah satu permasahalan yang seringkali di keluhkan oleh pemilik kucing terutama kucing betina adalah saat hamil dan melahirkan.

Kucing tidak hanya mengandung 1 atau 2 bayi kucing tetapi dapat melahirkan lebih dari 3 bahkan 4 sekaligus dalam 1x kehamilan kucing.

Salah satu metode paling efektif adalah dengan menggunakan steril kucing betina, tetapi tentu biaya yang di keluarkan tidak sedikit dan tidak semua orang memiliki keahlian untuk mensterilkan kucing.

Ada beberapa cara mencegah kucing agar tidak cepat hamil cara-cara ini meskipun sederhana namun dinilai efektif untuk mencegah kucing hamil.

BACA JUGA:Pemilik Kucing Betina Wajib Tahu Mengatasi Agar Kucing Tidak Hamil, 3 Cara Mudah Dilakukan Tanpa Steril

Berikut Cara Mencegah Kucing Agar Tidak Hamil

1.Jangan Biarkan Kucing Keluar Rumah

Jika kamu memelihara kucing domestik atau kucing kampung betina, akan lebih baik si kucing tidak dibiarkan untuk berkeliaran di luar rumah, di khawatirkan si kucing betina miliki kamu akan dihamili oleh kucing jantan yang sedang berkeliaran di luar rumah kamu.

Jaga si kucing untuk selalu berada di dalam rumah, terutama pada saat si kucing sering mengeong dan semakin manja, hal itu merupakan pertanda bahwa si kucing sedang birahi atau ingin kawin.

2.Pisahkan kucing jantan di dalam Rumah

Jika kamu memiliki beberapa kucing, dan terdapat kucing jantan serta betina yang tinggal satu atap, sebaiknya kamu memisahkan keduanya ketika ingin kawin.

Cara agar kucing tidak hamil sangat efektif, karena tidak menutup kemungkinan mereka akan kawin ketika tidak dalam pengawasan.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mencegah Kucing Agar Tidak Hamil Tanpa Steril? Pemilik Kucing Betina Wajib Tau!

3.Memasang Feliway Diffuser

Selain cara memandulkan kucing secara alami dengan sterilisasi, kamu juga bisa menggunakan tips ini.

Feliway diffuser merupakan sebuah alat yang mengeluarkan zat feromon (senyawa kimia yang memikat lawan jenis) dari tubuh kucing.

Kucing akan lebih tenang ketika masuk dalam masa birahinya.Bentuk dan cara kerja alat ini mirip seperti pengharum ruangan yang mengeluarkan zat kimia.

Feliway diffuser mengeluarkan zat yang bisa mencegah kucing hamil.Namun, kamu hanya perlu menggunakan alat ini sebelum kucing memasuki masa birahinya.

BACA JUGA:Cara Menjinakan Kucing Liar Agar Bisa Jadi Hewan Peliharaan dan Nurut

4.Membersihkan Pasir Kucing Secara Rutin.

Tips ini mungkin terdengar sepele namun efektif untuk mengatasi birahi pada kucing betina kamu.Ketika kucing sedang birahi, pada umumnya mereka akan menandai daerahnya menggunakan air kencing.

Air kencing pada masa birahi biasanya memiliki aroma yang berbeda.Kucing menggunakan air kencing sebagai umpan untuk mengundang lawan jenis.Dengan membersihkan pasir, bisa mencegah kucing jantan untuk datang.

Sebetulnya kamu bisa juga melakukan pencegahan dengan cara gugurkan kandungan kucing, namun hal tersebut perlu pertimbangan yang besar.

Sekian artikel mengenai bagaimana cara mencegah kucing agar tidak hamil ,semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan bagi para pembaca terutama seputar kucing.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: