Berwisata sekaligus Berobat di Air Panas Kejayan, Diyakini Bisa Sembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Berwisata sekaligus Berobat di Air Panas Kejayan, Diyakini Bisa Sembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Sumber air panas Kajayan Desa Sumberjaya, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan. -Sawargi Channel-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ada tempat wisata air panas di pedalaman Kabupaten Kuningan. Namanya air panas Kejayan. Di tempat ini, selain berwisata sekaligus bisa berobat.

Mandi di tempat wisata air panas tersebut, diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, juga bisa menikmati pemandangan indah di sekitarnya.

Wisata Air Panas Kejayan berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan. Wisata ini memiliki banyak keunggulan. Bahkan layak dikembangkan lagi.

Beberapa tempat di desa ini diyakini oleh masyarakat setempat, merupakan lokasi cerita legenda Lutung Kasarung. Termasuk di sekitar Air Panas Kejayan.

BACA JUGA:Mengenal 5 Bahasa Tubuh Kucing yang Penuh Makna, Ternyata Bisa Menunjukkan Mood Kucing

Bukan saja bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, Air Panas Kejayan ini, diyakini mengandung khasiat dan karomah. Masyarakat dari luar daerah pun banyak yang datang ke tempat itu.

Potensi ini menjadi aset milik daerah. Jika  dikembangkan secara optimal, bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

Tentu, potensi tersebut harus dikelola secara optimal dan profesional. Karena itu, pengelolaan maupun pemberdayaannya, perlu mendapat dukungan dari semua pihak. Dari masyarakat setempat sampai ke para pemangku kebijakan.

Pada tahun 1900-an, Desa Sumberjaya ini disebut dengan nama Desa Balekambang. Masuk dalam bagian dari wilayah Distrik Luragung.

BACA JUGA:Ada Apa dengan Gacoan? Masih Ramai atau Tidak Setelah Tersebar Video Adanya Belatung di Mie Gacoan

Sementara pada tahun 1960-an, Desa Sumberjaya pun sempat menjadi Karesidenan Cirebon. Tokoh Wiryadisastra dan Ahmad Subroto, kuwu pertama, termasuk tokoh yang punya andil sejarah di Desa Sumberjaya.

Desa Sumberjaya atau Balekambang, merupakan pusat pemerintahan desa. Dulunya  disebut desa induk. Karena terdiri dari 9 dusun yang dipecah menjadi 4 desa. Yakni, Desa Citundun, Desa Sumberjaya, Desa Lebak Herang, dan Desa Citikur.

Sedangkani situs sumber air panas Kejayaan yang ada di Desa Sumberjaya, sudah ada sejak dahulu kala. Turun temurun dipercaya banyak mengandung khasiat atau karomah untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Tentu dengan mandi atau berendam di air panas tersebut. Karena, selain air yang keluar dari sela-sela batu tersebut memunculkan rasa panas, juga mengandung belerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: