Beras Naik, Diskopdagperin dan Diskatan Kuningan Antisipasi Kenaikan Harga Pangan

Beras Naik, Diskopdagperin dan Diskatan Kuningan Antisipasi Kenaikan Harga Pangan

Harga beras kembali merangkak naik di Kabupaten kuningan. --

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Harga beras kembali merangkak naik di Kabupaten Kuningan. Beras premium berada di kisaran Rp15.500 perkilogram dan beras medium Rp15.000 perkilogram.

Menyikapi kenaikan harga pangan tersebut, tim pengendalian inflasi daerah atau TPID yakni Diskopdagperin dan Diskatan bersiap menggelar operasi pasar murah khususnya di komoditas beras.

BACA JUGA:WOW! Jumlah Wisatawan Kuningan Tahun 2023 Tembus 2,4 Juta Turis, Tembus Lampaui Target

Kepala Diskopdagperin Kuningan Trisman Supriatna menjelaskan, operasi pasar beras murah ini bisa digelar jika ada permintaan dari masyarakat.

Permintaan itu disampaikan  melalui kecamatan. Sebagai catatan di akhir 2023, permohonan beras murah dibawah harga eceran tertinggi telah mencapai 100 ton untuk 10 kecamatan.

"Tahun ini hingga 29 Januari 2024, baru ada 1 kecamatan yang melayangkan surat permohonan digelarnya operasi pasar murah atau OPM. Diskopdagperin masih menunggu minimal permohonan dari 10 kecamatan untuk digelarnya operasi pasar murah bekerjasama dengan Bulog Cirebon," jelas Trisman, Selasa 30 Januari 2024.

BACA JUGA:Sangkanurip Bakal Jadi Kota Onsen seperti di Jepang, Punya Modal Mata Air Panas dari Gunung Ciremai

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian atau Diskatan Kuningan, Wahyu Hidayah menerangkan, telah menyelenggarakan gelar pangan murah digelar secara rutin di Car Free Day di Jalan Siliwangi setiap hari Minggu.

"Khusus Minggu kemarin, Diskatan telah menyediakan beras medium harga murah sebanyak 1,5 ton yang laris diminati masyarakat hanya dalam waktu 15 menit. Alhamdulillah respon dari masyarakat yang datang sangat luar biasa," kata mantan Kepala Diskominfo Kuningan tersebut.

Selain beras, Diskatan juga menjual kebutuhan lainnya. Yaitu tepung terigu dan minyak goreng.

"Harga yang ditawarkan juga dibawah harga pasar. Ini sebagai upaya membantu masyarakat yang sedang kesulitan. Pak Bupati juga sangat mendukung program yang kami luncurkan," sebut Wahyu.

BACA JUGA:Harga Beras di Kuningan Naik, Bakal Ada Operasi Pasar Murah

Wahyu menambahkan, kegiatan rutin mingguan di CFD ini juga berdampingan dengan kegiatan gelar pasar tani milenial. Dimana pasar tani ini menjual aneka produk para petani muda Kuningan. 

Termasuk menjual aneka sayuran hasil penanaman dengan cara hidroponik, sayuran yang teruji bebas insektisida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: