Desa Terunik Ini jadi Tapal Batas 3 Kabupaten di Jabar dan Jateng, Berada di Atas Awan

Desa Terunik Ini jadi Tapal Batas 3 Kabupaten di Jabar dan Jateng, Berada di Atas Awan

Desa Cilumping, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap menjadi tapal batas 3 kabupaten di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.-Tangkapan layar - Facebook-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Walau terpencil, desa ini memang sangat unik. Selain menjadi tapal batas 3 kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Barat, juga dijuluki sebagai desa di atas awan.

Yang menarik lagi, desa ini berada di ketinggian ini, memiliki produk unggulan, yakni kopi yang sangat terkenal. 

Desa ini bernama Cilumping. Salah satu desa di ujung paling utara Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Masuk dalam Kecamatan Dayeuhluhur.

Desa ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Ciamis di Jawa Barat. Walau masuk wilayah Jawa Tengah, namun masyarakat desa lebih beretnis Sunda.

BACA JUGA:Kucing Liar Bisa Dipelihara dan Menjadi Penurut, Inilah 5 Cara yang Harus Dilakukan Pemelihara

Selain unik, beberapa lokasi di desa tersebut memiliki pemandangan alam menakjubkan. Cocok bagi para penyuka wisata di alam pedesaan.

Desa ini, selain indah, juga sangat asri. Apalagi letaknya di ketinggian, karena itu suhunya pun samgat sejuk. Bila berada di desa ini, seperti sedang berada di atas awan.

Apalagi saat pagi hari, kabut putih akan menyelimuti desa ini, yang memberikan suasana di atas awan semakin terasa. 

Perjalanan menuju ke Desa Cilumping cukup asri. Di sisi kanan dan kiri jalannya ditumbuhi banyak vegetasi hijau yang menyejukkan mata.

BACA JUGA:Bikin Betah dan Fresh, Miliki 6 Jenis Tanaman Hias Untuk Ruang Tamu, Cocok Jadi Dekorasi Indoor yang Estetik!

Selain itu jajanannya berkelok-kelok dan menurun, sehingga pengendara harus berhati-hati dan menjaga laju kendaraannya.

Terlebih ketika memasuki perkampungan Cilumping, jalanan mulai rusak dan tak lagi beraspal melainkan berupa tanah. Pengendara harus ekstra berhati-hati saat musim hujan, karena jajanannya becek.

Desa Cilumping berada di wilayah pegunungan, dan dikelilingi oleh bukit-bukit kecil. Ketinggian wilayah Desa Cilumping antara 300-1.300 di atas permukaan air laut. 

Setiap tahunnya Desa Cilumping  mengalami 2 musim yaitu kemarau dan penghujan. Suhu udara di Desa Ciilumping pada siang hari berkisar 20-27 derajat celcius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: