Situs Lingga di Kuningan Mirip Gunung Padang, Banyak Batu Besar Berserakan, Berbentuk Piramida?

Situs Lingga di Kuningan Mirip Gunung Padang, Banyak Batu Besar Berserakan, Berbentuk Piramida?

Situs Lingga di Desa Sagarahiang, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan diduga memiliki struktur punden berundak.-Laurio Leonald - Tangkapan layar Google Maps-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Situs Lingga di Desa Sagarahiang, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, memiliki beberapa kemiripan dengan peninggalan purbakala Situs Gunung Padang yang ada di Kabupaten Cianjur.

Kemiripan itu, diantaranya struktur batu panjang yang berserakan. Kemudian batu bulat yang diduga menjadi bagian dari konstruksi bangunan.

Karenanya, kuat dugaan bahwa Batu Lingga di Desa Sagarahiang adalah sebuah punden berundak, sama seperti Gunung Padang.

Beberapa pakar mengistilahkan punden berundak ini sebagai piramida tangga atau dalam Bahasa Inggris disebut Step Pyramid.

BACA JUGA:Ternyata di Kuningan, Tempat Para Raja Berkumpul Menanyakan Waktu, Hari, Bulan dan Tahun

Sejumlah sumber menyebutkan bahwa umur dari Situs Lingga tersebut sudah mencapai 4.000 tahun atau pada zaman megalitikum.

Namun, diperkirakan situs Batu Lingga kini punya fungsi tersendiri yakni, tempat menentukan waktu baik hari, bulan maupun tahun.

Hal itu terlihat dari susunan batu tegak berdiri yang dijadikan acuan waktu. Dugaan ini berdasarkan ditemukannya Serat Batu Lingga dengan sebubtan Cacandaran Tahun Pahu atau Cacandaran Surya.

Namun berbeda dengan Gunung Padang, Situs Lingga Sagarahiang bukan berada di puncak gunung. Tetapi berada pada ketinggian 1.130 meter di atas permukaan laut (MDPL) di kawasan hutan Gunung Ciremai.

BACA JUGA:Budget Terbatas? Ini 5 Makanan Kucing Kering Murah yang Cocok untuk Anabul, Yuk Cek!

Pada publikasi dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Juru Kunci Situs Lingga Sagarahiang, Ukad mengungkapkan, diperkirakan umur dari situs tersebut 1000 sampai dengan 1500 sebelum masehi (SM).

Batuan vulkanik yang menjadi bagian dari struktur situs lingga tersebut, sekarang ini sudah berlumut.

Bila dilihat secara kasat mata, terdapat kemiripan dari struktur yang digunakan di Gunung Padang dengan di Situs Lingga.

Misalnya batu besar berbentuk panjang yang diduga dulunya berdiri tegak, namun sekarang berserakan dan menghampar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: