Bulu Kucing Rontok Parah? Inilah 6 Faktor Penyebab Bulu Kucing Rontok, Ternyata Pola Makan Berpengaruh Lho!

Bulu Kucing Rontok Parah? Inilah 6 Faktor Penyebab Bulu Kucing Rontok, Ternyata Pola Makan Berpengaruh Lho!

6 Penyebab Bulu Kucing Rontok-blog sukapets-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Bulu kucing yang tebal, sehat, dan berkilau, tentu akan terlihat lebih lucu dan menggemaskan.

Namun, bulu kucing ini seringkali mengalami kerontokan. Kondisi ini disebut alopecia. Bulu kucing rontok, sebenernya adalah proses alami dari tubuh untuk menyingkirkan rambut mati dan mengeluarkan minyak dari kulit. 

Bulu kucing rontok seringkali menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi pemiliknya, apalagi jika rontok berlebihan.

Bulu kucing mengalami kerontokan yang berlebihan, ini menandakan terjadi sesuatu pada kucing. Kamu sebagai pemilik kucing harus mencari tahu penyebab bulu kucing rontok agar segera bisa diatasi.

Ada beberapa faktor penyebab yang memicu bulu kucing rontok. Berikut ini beberapa faktor penyebab bulu kucing rontok, diantaranya:

BACA JUGA:Ini 5 Cara Mengetahui Apakah Kucing Menyukai Pemiliknya atau Tidak, Simak Selengkapnya Disini!

1. Alergi

Salah satu penyebab bulu kucing rontok adalah alergi. Kucing bisa mengalami reaksi alergi terhadap makanan, serbuk sari, serangga, hingga debu. Tanda awalnya bisa berupa gatal, diare, bintik-bintik, hingga napas mengi. 

2. Infeksi

Salah satu penyebab bulu kucing rontok adalah parasit seperti kutu dan tungau. Saat terinfeksi parasit, kucing akan merasa gatal dan sering menggaruk kulitnya.

Hal ini bisa membuat kulit kucing terluka dan mengalami bulu rontok. Jika sudah parah, infeksi ini bisa membuat kucing tampak lemas dan sakit. Selain infeksi parasit, infeksi jamur ataupun bakteri juga bisa membuat bulu kucing rontok.

3. Stres dan cemas

Sama halnya dengan manusia, kucing bisa mengalami cemas dan stress. Kucing yang mengalami stres dan cemas, ia akan sering menjilat dan menggaruk kulitnya. Hal ini bisa membuat bulu kucing rontok. Jika tidak ditangani, lama kelamaan kucing bisa mengalami kebotakan.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Kucing Berkomunikasi Dengan Kucing Lainnya? Ternyata Begini 3 Caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: