Panjangnya Bisa Sampai 2 Meter, dan Merupakan Predator yang Rakus! Inilah Fakta Menarik Seputar Ular Kadut

Panjangnya Bisa Sampai 2 Meter, dan Merupakan Predator yang Rakus! Inilah Fakta Menarik Seputar Ular Kadut

fakta menarik ular kadut terbesar-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Ular karung belang atau yang biasa kita kenal dengan nama Ular kadut merupakan salah satu jenis Ular yang hidup di perairan air tawar seperti sungai.

Seringkali ular kadut ditemukan di sekitar pemukiman warga yang lokasinya berdekatan dengan sawah, parit, tambak, ataupun sungai.

Ular ini tersebar luas di dataran Asia Tenggara yaitu Myanmar, Malaysia, Indonesia hingga ke Benua Australia.

Panjang rata-rata dari ular ini bisa mencapai 0.6 hingga 1.2 meter atau sekitar 60 hingga 120 centimeter, Ular ini juga memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan juga padat.

Di beberapa daerah di Indonesia juga pernah ditemukan adanya penampakan ular kadut terbesar, yang panjangnya mencapai 2 meter. Yang dimana hal ini bisa saja terjadi, mengingat ular kadut dikenal sebagai predator yang rakus.

Masih ada lagi beberapa fakta menarik mengenai ular kadut ini, berikut akan kami rangkum fakta menarik dan unik ular kadut.

Bukan Tipe Ular Berbisa

Walaupun memiliki panjang dan besar tubuh yang terbilang besar untuk spesiesnya yaitu ular air, dan juga tergolong sebagai predator air yang rakus, ternyata ular ini bukanlah ular berbisa.

Saat berburu, ular kadut akan melilit mangsanya hingga tidak bisa berkutik lagi lalu melahap mangsanya sekaligus layaknya seekor ular piton atau ular sanca.

Seperti halnya ular air lainnya, ular kadut menyukai ikan dan juga kepiting sungai sebagai santapan favoritnya. Ia akan melilit ikan atau bahkan kepiting tersebut hingga mati lalu melahapnya.

Jenis Ular yang Pemalu

Meskipun dapat melilit dan sering terlihat di pemukiman rumah warga, ular kadut merupakan tipe ular yang pemalu.

Alih-alih menyerang untuk bertahan ketika diganggu, ular ini lebih memilih melarikan diri ketika melihat seorang manusia dan bersembunyi.

Seringkali Diburu Manusia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: