Agar Tidak Punah, Begini Cara Lestarikan Ikan Dewa Khas 6 Balong Keramat di Kuningan, Ada Peran TNGC

Agar Tidak Punah, Begini Cara Lestarikan Ikan Dewa Khas 6 Balong Keramat di Kuningan, Ada Peran TNGC

Cara lestarikan ikan dewa khas Kabupaten Kuningan agar tidak mengalami kepunahan.-DJBP-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Walau namanya Ikan Dewa, bukan berarti tidak bisa punah. Agar Ikan khas dari 6 balong keramat bagi masyarakat Kabupaten Kuningan ini tetap lestari, perlu upaya yang serius.

Salah satu caranya melestarikan seperti yang dilakukan oleh Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Balai ini bekerja sama degan salah satu lembaga perikanan di Bogor, Jawa Barat.

Lalu, apa yang dilakukan oleh 2 lembaga tersebut? Ternyata ada satu cara sangat menarik yang dilakukan  untuk melestarikan Ikan Dewa tersebut.

Caranya adalah dengan metode Traslokasi Konservasi. Langkah ini merupakan perpindahan spesies hewan, termasuk Ikan Dewa, yang disengaja untuk mendukung pemulihannya di alam liar.

BACA JUGA:4 Jenis Cacing Kecil Hitam yang Sering Ditemukan di Kamar Mandi, yang Perlu Diwaspadai!

Nah, cara inilah yang merupakan upaya pembinaan populasi ikan dengan nama lain Tor soro ini. Untuk upaya itu, Balai TNGC menggandeng Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP) Bogor.

Kedua lembaga tersebut melakukan translokasi anakan ikan tersebut dari kolam pemijahan Cijeruk Bogor ke dalam kawasan TNGC. 

Cara ini merupakan salah satu upaya konservasi ikan ini agar tetap terjaga kelestariannya di alam. Tentu khususnya di Kawasan TNGC. Dengan begitu akan tetap terjaga dan dikeramatkan masyarakat Kuningan. 

Ternyata anakan ikan Tor soro ini yang ditranslokasi ke kawasan TNGC merupakan hasil budidaya BRPBATPP Bogor. Anakan ikan tersebut indukan berasal dari 2 balong atau kolam yang berada di Pasawahan dan Cigugur, Kuningan.

BACA JUGA:Insha Allah Sehat Lagi, inilah 3 Bacaan Doa untuk Kucing Peliharaan yang Sakit Tak Kunjung Sembuh

Ikan Dewa bukan hanya dikeramatkan, tetapi ikan ini juga menjadi kebanggaan masyarakat Kuningan, Jawa Barat. Ikan ini populasinya hanya terdapat di 6 balong yang ada di Kuningan.

Ke-6 balong tersebut adalah Balong Cigugur, Balong Cibulan, Balong Dalem, Balong Linggarjati, Balong Pawasahan dan Balong Darmaloka. 

Balong-balong tersebut, selain memiliki sejarah panjang, juga sudah menjadi objek-objek wisata yang terkenal di Kabupaten Kuningan.

Selan itu, balong-balong tersebut merupakan sumber mata air. Sumber-sumber itu memiliki kualitas air yang  jernih. Tentu juga tidak tercamar karena merupakan habitat Ikan Dewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: