Bukan Hanya Manusia, Ternyata Binatang pun Harus Puasa, Termasuk Kucing, Anjing, Kuda dan Ular

Bukan Hanya Manusia, Ternyata Binatang pun Harus Puasa, Termasuk Kucing, Anjing, Kuda dan Ular

Selain manusia, binatang juga puasa salah satunya kucing. -Purity Paw - Tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Puasa ternyata bukan hanya dilakukan oleh umat manusia di Bulan Ramadhan maupun ibadah sunah. Tapi beberapa binatang pun harus pula berpuasa. Termasuk kucing, anjing, kuda dan ular.

Tentu ada bedanya antara puasa manusia dan hewan atau bintang. Jika manusia berpuasa karena perintah agama, tetapi kalau binatang tentu dengan alasan yang lain.

Kurun waktu berpuasanya pun berbeda dengan umat manusia. Jika umat Islam, puasanya selama sebulan penuh saat Ramadhan.

Bukan hanya dengan manusia, puasanya antar binatang pun berbeda-beda. Ada yang hanya beberapa hari, tapi juga banyak yang sebulan penuh.

BACA JUGA:Ada Yang Bisa Berubah Warna! Rekomendasi Reptil Peliharaan Untuk Pemula, Simak Penjelasannya

Lalu binatang apa saja yang berpuasa? Selain kucing, ternyata gajah dan anjing juga menjalani berpuasa. Termasuk juga kuda, sapi, ikan salmon, anak ayam dan masih banyak yang lainnya.

Di antara berbagai jenis binatang yang berpuasa itu alasannya pun berbeda-beda. Ada yang karena sakit, adaptasi dan juga dalam upaya meningkatkan sperma.

Ada tulisan menarik soal puasanya para binatang tersebut. Tulisan itu berjudul “Kenapa Binatang Berpuasa?”

Penulisnya adalah Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro, SSi, MSc. Dia adalah Dosen Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Jogjakarta.

BACA JUGA:Cat Biru, Ruko 2 Lantai, Penampakan Terkini Rumah Ibu Erick Thohir di Majalengka

Dia memulai tulisannya dengan membahas asal-usul puasa. Secara bahasa, puasa bermakna menahan. Sedangkan istilah umum, puasa bermakna menahan diri dari lapar, haus, bicara, yang bisa membatalkan menurut cara tertentu.

Menurutnya, berpuasa bermanfaat secara jasmani, ruhani, dan sosial. Puasa sebenarnya tidak hanya dilakukan umat Islam saja. Namun juga dilakukan oleh pemeluk agama lain. Bahkan juga oleh makhluk lain. Termasuk di antaranya binatang.

Dari beberapa sumber yang dia ketahui, latar belakang binatan berpuasa itu bermacam-macam. Misalnya gajah, kucing, dan anjing berpuasa ketika menderita luka dalam.

Hal ini berbeda dengan kuda dan sapi. Dua binatang ini berpuasa ketika terserang penyakit. Sementara laba-laba dan anak ayam berpuasa di awal kelahirannya. Tujuannya untuk menyempurnakan proses adaptasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: