Bukan Cuma Ular Kawat! Ini 4 Jenis Ular Hitam Kecil yang Sering Masuk Rumah dan Harus Dibiarkan Hidup

Bukan Cuma Ular Kawat! Ini 4 Jenis Ular Hitam Kecil yang Sering Masuk Rumah dan Harus Dibiarkan Hidup

Bukan Cuma Ular Kawat! Ini 4 Jenis Ular Hitam Kecil yang Sering Masuk Rumah dan Harus Dibiarkan Hidup-ist/opensource.petra.ac.id-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Apakah kalian sering melihat cacing hitam yang panjang mencurigakan di dalam rumah? Kalian perlu berhati hati karena itu adalah ular kawat.

Tapi kalian tidak perlu khawatir karena ular kawat atau ular cacing (Indotyphlops braminus) ini tidak berbisa, tapi tahukah kalian bahwa ada beberapa jenis ular hitam kecil yang sering masuk rumah.

Ukurannya yang kecil dan berwarna hitam ini sering salah dikira sebagai cacing, apalagi reptil satu ini termasuk dalam jenis fossorial atau ular penggali tanah yang membuatnya sangat mirip dengan cacing.

Tapi jangan terkecoh dengan penampilannya yang mirip seperti cacing karena pada dasarnya mereka adalah ular atau hewan reptil.

BACA JUGA:Apakah Bahaya? Yuk, Cari Tau 4 Ciri Ular Kawat yang Jarang Diketahui, Serta Alasannya Masuk Rumah Berikut Ini

BACA JUGA:Termasuk Ular Kawat, Inilah 4 Jenis Ular Penggali Tanah di Indonesia yang Sering Masuk ke Rumah

Nah, agar kalian semakin tahu apa saja jenis ular hitam kecil yang sering masuk rumah kalian dan mungkin selama ini kalian salah mengiranya sebagai cacing, berikut adalah daftarnya.

4 Jenis ular hitam kecil yang Sering Masuk Rumah

Beberapa ular berikut ini termasuk dalam ular penggali tanah atau fossorial sehingga kalian tidak perlu khawatir karena kumpulan ular yang sering masuk rumah ini tidak berbisa.

1. Ular kawat 

Jenis ular hitam kecil yang sering masuk rumah dan salah dikira sebagai cacing yang pertama adalah ular kawat.

Apakah ular kawat, atau nama ilmiahnya indotyphlops braminus, memiliki bisa? Tidak berbisa, tetapi jangan disepelekan karena dapat berdampak buruk jika berkeliaran di sekitar kita. 

BACA JUGA:Asal-usul Ular Kawat Bisa Masuk ke Rumah, Ternyata Sedang Mencari Makan! Ini 4 Makanan yang di Buru Ular Kawat

BACA JUGA:Simple! Ular Takut Keset Ijuk Tulisan 'Welcome' Ini Penyebabnya, Oh Ternyata

Tidak mengherankan jika ular kawat kecil ini banyak dianggap mirip dengan cacing. Namun, jika kalian perhatikan lagi ada perbedaan diantara keduanya. 

Dengan kata lain, sisik ular kawat ini mirip dengan sisik ular biasa. Meskipun cacing tidak memiliki sisik dan lendir yang membalut kulitnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: